Sifat-Sifat Permintaan Jasa Angkutan

Sifat-Sifat Permintaan Jasa Angkutan

Beberapa sifat khusus pada permintaan akan jasa transportasi yang membedakan dengan permintaan terhadap barang dan jasa, yaitu :

Sifat-Sifat Permintaan Jasa Angkutan

  1. Derived demand adalah permintaan akan jasa angkutan, merupakan suatu permintaan yang bersifat turunan yang sering disebut derived demand. Permintaan jasa transportasi akan terlaksana apabila ada faktor-faktor yang mendorong.
  2. Permintaan jasa transportasi adalah tidak mudah untuk digeser atau ditunda karena sangat dipengaruhi oleh fluktuasi waktu, yang bersifat harian, mingguan atau bulanan.
  3. Permintaan akan jasa transportasi sangat dipengaruhi oleh elastifitas pendapatan, apabila pendapatan naik, maka akan sebanding mengurangi pengeluaran.
  4. Jasa transportasi adalah jasa campuran (product mixed). Permintaan jasa transportasi adalah kompleks, karena permintaan tidak hanya dilandasi oleh keinginan untuk memindahkan sesuatu dari suatu tempat ke tempat yang lain.



Permintaan dan pemilihan pengguna jasa angkutan (users) jenis jasa transportasi sangat ditentukan oleh bebarapa faktor yaitu sebagai berikut :

  1. Sifat-sifat dari muatan (physical characteristics)
    Barang-barang yang bernilai dipadu dengan volume yang tidak besar.
  2. Biaya transportasi
    Makin rendah biaya transportasi semakin banyak permintaan akan jasa transportasi.
    Tingkat biaya transportasi merupakan faktor penentu dalam pemilihan jenis jasa transportasi.
  3. Tarif transportasi Tarif transportasi ditawarkan oleh berbagai macam moda transportasi, untuk tujuan yang sama.
  4. Pendapatan calon pengguna jasa transportasi
    Apabila pendapatan penumpang naik, maka akan lebih banyak jasa transportasi yang akan diminati oleh para calon penumpang.
  5. Kecepatan angkutan
    Pemilihan kecepatan sangat tergantung pada faktor waktu yang dimiliki oleh penumpang, yang mempunyai waktu sedikit akan lebih memilih moda transporatasi yang cepat, faktor kecepatan yang menentukan moda transportasi.
  6. Kualitas pelayanan
    Kualitas pelayanan terdiri atas frekuensi, pelayanan baku, kenyaman, ketepatan, keamanan, dan keselamatan.

 

Baca juga Faktor penentu pengembangan transportasi



Originally posted 2021-11-21 20:39:34.

Transportasi