Peranan Ekspor Dan Impor

Peranan Ekspor Dan Impor

Peranan Ekspor Dan Impor Dalam Perekonomian Nasional

Peranan Sektor Ekspor

Ekspor salah satu sektor perekonomian yang memegang peranan penting dalam melalui perluasan pasar sektor industri akan mendorong sektor industri lainnya dan perekonomian (Meier, 1996:313). Kesimpulannya ekspor sangat berpengaruh terhadap nilai tukar rupiah yang mengakibatkan kurs rupiah melemah maupun menguat. Ekspor impor memegang peran besar dalam perekonomian Indonesia dari segi lalu lintas devisa dan pendapatan nasional, mengingat Indonesia adalah salah satu pemegang ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Kegiatan perdagangan internasional, khususnya ekspor akan sangat membantu negara berkembang seperti Indonesia untuk menghasilkan devisa. Devisa akan membantu perkonomian negara untuk kebutuhan impor, membayar hutang luar negeri, dan menjaga stabilitas nilai mata uang Rupiah.
Ekspor dan impor berhubungan erat dengan kepabeanan dari negara pengirim maupun negara penerima, sehingga ekspor dan impor berguna untuk meningkatkan kerja sama antar negara dalam perdagangan internasional dan membawa pengaruh yang besar bagi perluasan pasar barang dan jasa suatu negara (Pradini dan Rahardjo, 2013)

Peranan Sektor Ekspor Antara Lain:

  1. Mempeluas pasar diseberang lautan bagi barang-barang tertentu, seperti yang ditekankan oleh para ahli ekonomi klasik, suatu industri dapat tumbuh dengan cepat jika industry itu dapat menjual hasilnya diseberang lautan daripada hanya dalam pasar negeri yang sempit.
  2. Ekspor menciptakan permintaan efektif yang baru. Akibatnya barang-barang dipasar dalam negeri mencari inovasi yang ditujukan untuk menaikkan produktivitas.
  3. Perluasan kegiatan ekspor mempermudah pembangunan, karena industry tertentu tumbuh tanpa membutuhkan investasi dalam capital social sebanyak yang dibutuhkan seandainya barang-barang tersebut akan dijual didalam negeri, misalnya karena sempitnya pasar dalam negeri akibat tingkat pendapatan rill yang rendah atau hubungan transportasi yang memadai.

 

Peranan Sektor Impor Dapat Menambah Pendapatan Devisa Negara

 

 

 




by Maket Creator 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Manajemen Logistik