Peralatan Bongkar Muat Peti Kemas

Peralatan Bongkar Muat Peti Kemas

Peralatan Bongkar Muat Peti Kemas

Menurut Solossa et all (2013) Alat bongkar muat adalah alat yang dipakai untuk kegiatan bongkar muat barang dengan tujuan untuk menambah kecepatan bongkar muat, agar waktu yang diperlukan kapal untuk bertambat dapat dipersingkat.

Alat-alat bongkar muat petikemas yaitu sebagai berikut :

  1. Rubber Tyred Gantry
    Peralatan ini digunakan dilapangan penumpukan untuk kegiatan stacking container yaitu menurunkan peti kemas dari atas chasis / trailer kemudian menempatkan petikemas tersebut sesuai yang telah direncanaka dana tau sebaliknya.
  2. Reach Stacker
    Peralatan bongkar muat peti kemas yang digunakan untuk membongkar atau memuat peti kemas dengan ketinggian 5 (lima) Tiers.
  3. Forklift
    Peralatan penunjang pada terminal peti kemas untuk melakukan bongkar muat dalam tonase yang kecil, biasanya banyak digunakan pada CFS untuk stripping dan stuffing serta kegiatan yang berkaitan dengan delivery atau interchange. Forklift juga digunakan untuk Handling barang loose cargo atau peti kemas kosong. Pada umumnya daya penggerak utama menggunakan mesin diesel dan perangkat lainnya menggunakan hydrolik system, tetapi ada juga forklift elektrik dengan daya penggerak utama menggunakan battery untuk gerak lifting gear khususnya di CFS dan reefer container, sedangkan gear fork dan kelengkapannya menggunakan hydrolik system kapasitas brvariasi dari 2-7,5 ton.
  4. Top Loader
    Fungsi dan kegunaanya hamper sama dengan reach steaker hanya saja ada kemampuan jangkauannya yang berbeda.
  5. Side Loader
    Peralatan ini khusus untuk melayani petikemas kosong atau empty container, cara mengangkatnya melalui samping pada coarner coasting yang ada pada container tersebut.
  6. Container Crane
    Sebagai sarana untuk melakukan kegiatan membongkar dana atau memuat petikemas dari atas kapal dan sebaliknya.
  7. Head Truck dan Chasis
    Untuk kegiatan pemindahan petikemas didal suatu terminal petikemas harus tersedia alat angkut yang dilengkapi dengan kereta gandeng atau chasis dimana dibuat khusus untuk memindahkan petikemas atau disebut haulage.
  8. Chasis Trailer
    Untuk mengangkut peti kemas ukuran 20 feet maupun 40 feet alat ini dapat dilepas maupun dikaitkan dengan Heastruck.

 

Kunjungi juga Prosedur Bongkar Muat



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Logistik