Pengertian Sistem Pengendalian Intern Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Pengendalian Intern Menurut Para Ahli

Pengendalian intern yang baik diterapkan dalam suatu perusahaan akan menciptakan prosedur kerja yang sisematis dan sesuai dengan aturan-aturan yang lazim dipakai dalam organisasi, sehingga akan menciptakan lingkungan pengendalian yang saling mendukung pada setiap bagian dalam perusahaan.

Pengertian Sistem Pengendalian Intern Menurut Para Ahli :

  • Pengertian sistem pengendalian intern menurut Mulyadi (2013:6) menyatakan bahwa: Pengendalian intern adalah bagian dari sistem yang meliputi struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi, mendorong efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen.
  • Pengertian sistem pengendalian intern menurut Mulyadi (2016:129) sistem pengendalian intern merupakan: Sistem pengendalian intern meliputi struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga aset organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi, mendorong efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen.
  • Pengertian sistem pengendalian intern menurut Harnanto dalam Nugroho (2009) menyatakan bahwa sistem pengendalian intern adalah suatu tipe pengawasan yang dirancang dengan diintegrasikan ke dalam sistem pembagian atau pendelegasian tugas, tanggung jawab, wewenang dalam organisasi perusahaan.
  • Pengertian sistem pengendalian intern menurut Krismiaji (2010:218) mengatakan bahwa “Pengendalian intern adalah rencana organisasi dan metode yang digunakan untuk menjagaatau melindungi aktiva, menghasilkan informasi yang akurat dan dapat dipercaya, memperbaiki efisiensi, dan untuk mendorong ditaatinya kebijakan manajemen.

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian intern adalah suatu sistem yang dirancang untuk memudahkan manajemen dalam mengawasi perusahaan, dengan menempatkan karyawan yang sesuai dengan bidang dan kemampuannya agar tercipta keandalan data akuntansi yang dapat dipertanggung jawabkan.

Sistem pengendalian intern yang berlaku pada suatu perushaan merupakan faktor yang menentukan keandalan laporan keuangan yang dihasilakn oleh suatu perusahaan. Oleh karena itu perlu adanya perhatian yang khusus terhadap efektif tindaknya sistem pengendalian intern dalam mencegah terjadinya kesalahan yang material dalam proses akuntansi.

 



Tujuan Sistem Pengendalian Intern :

Pengertian sistem pengendalian itern yang diberikan tercakup pula tujuan dari sistem pengendalian intern itu sendiri yang menurut Mulyadi (2013:163) dibagi menjadi dua macam yaitu :

  1. Pengendalian intern akuntansi Pengendalian intern akuntansi meliputi struktur organisasi,metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan terutama untuk menjaga kekayaan organisasi dan mengecek ketelitian dan keandalandata akuntansi. Pengendalian intern akuntansi yang baik akanmenjamin kekayaan para investor dan kreditur yang ditanamkandalam perusahaan yang akan menghasilkan laporan keuangan yangdapat dipercaya.
  2. Pengendalian intern administratif Pengendalian intern administratif meliputi struktur organisasi,metode, dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan terutama untuk mendorong efisiensi dan dipatuhinnya kebijakan manajemen.

 

 

 





By Maket Creator

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Akuntansi