Pengertian Self Efficacy Menurut Para Ahli Terbaru

Pengertian Self Efficacy Menurut Para Ahli Terbaru

Pengertian self efficacy adalah kepercayaan seseorang akan kemampuannya dalam menuntaskan suatu hal dengan sukses. Artinya, ketika seorang individu memiliki efikasi diri yang tinggi, ia yakin bisa mengerjakan sesuatu. Berikut ini merupakan pengertian self efficacy yang diungkapkan menurut para ahli adalah sebagai berikut..



Pengertian Self Efficacy Menurut Para Ahli

  1. Baron dan Byrne (1991), mendefinisikan self-efficacy sebagai evaluasiseseorang mengenai kemampuan atau kompetensi dirinya untuk melakukan suatu tugas, mencapai tujuan, dan mengatasi hambatan.
  2. Self-efficacy merupakan keyakinan individu mengenai kemampuan dirinyadalam melakukan tugas atau tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil tertentu(Bandura, 1997).
  3. Self-efficacyadalah sebagai indikator positif dari core self-evaluation untuk melakukan evaluasidiri, yang berguna untuk memahami diri (Judge dan Bono, 2001).
  4. Bandura (1997) memaparkan bahwa self-efficacy padadasarnya adalah hasil proses kognitif yang berupa keputusan, keyakinan, ataupenghargaan tentang sejauh mana individu memperkirakan kemampuan dirinyadalam melaksanakan tugas atau tindakan tertentu, yang diperlukan untuk mencapaihasil yang diinginkan.
  5. Self-efficacy merupakan penilaian diri, apakah dapat melakukan tindakanyang baik atau buruk, benar atau salah, dapat atau tidak mengerjakan sesuai denganhal yang dipersyaratkan (Alwisol, 2004).
  6. Luthans (2006) mendefinisikan self-efficacysebagai penilaian yang berkaitan dengan keyakinan diri, tentang seberapa baikindividu dapat melakukan tindakan yang diperlukan yang berhubungan dengansituasi yang prospektif.
  7. Luthans (dalam Suseno, 2009) menyatakan self-efficacy berkaitan dengan bagaimana individu merasa mampu untuk melakukan pekerjaan.
  8. Locke (dalam Suseno, 2009) mengatakan bahwa self-efficacy yang tinggi, akan menumbuhkan rasa percaya diri terhadap kemampuan dirinya dalam melaksanakan tugas.
  9. Self-efficacy dapat mempengaruhi individudalam melakukan kegiatannya. Individu akan lebih cenderung melakukan aktivitasyang menurut individu tersebut merasa mampu untuk melakukannya dengan baik,dari pada melakukan aktivitas yang berada di luar kemampuannya (Kristina, 2012).
  10. Gist dan Mitchell, dalam Gufron dan Risnawati (2014), yang mengatakan bahwa self-efficacy dapat membawa pada perilaku yang berbedadiantara individu dengan kemampuan yang sama, karena self-efficacy mepengaruhi pilihan, tujuan, penyelesaian masalah, dan kegigihan dalam berusaha.



Dari beberapa pendapat ahli tentang self-efficacy dapat disimpulkan bahwaself-efficacy merupakan kemampuan individu untuk menilai diri, evaluasi diri, sertakemampuan membuat keputusan. Self-efficacy erat kaitannya dengan berbagai haltentang penilain diri terhadap kemampuanya dan merupakan hasil dari proses kognitif masing-masing individu, yang berguna untuk mengatasi masalah-masalahyang terjadi pada diri individu tersebut.

 

 

 

Pembahasan lainnya : 

 

 

 






How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Uncategorized