Pengertian Prosedur Menurut Para Ahli

Pengertian Prosedur Menurut Para Ahli

Prosedur dalam perusahaan dibuat agar semua pekerjaan dilakukan dengan baik dan lancar. Oleh sebab itu, perusahaan dituntut untuk melaksanakan sebuah prosedur yang efektif dan efisien untuk mempertahankan eksistensinya.

Pengertian Prosedur Menurut Para Ahli

  1. Prosedur adalah suatu gambaran sifat atau metode untuk melaksanakan suatu kegiatan atau pekerjaan (Muhamad, 2017: 88).
  2. Menurut lilis puspitasari dan sri dewi anggadini (2011:23), prosedur merupakan serangakaian langkah yang tersusun secara sistematis berdasarkan urutan-urutan yang terperinci dan harus dikuti untuk dapat menyelesaikan suatu permasalahan.
  3. Rifka R.N menyatakan (2017:75) “prosedur adalah urutankerja atau kegiatan yang terencana untuk menangani pekerjaan yang berulang dengancara seragam atau terpadu”.
  4. Menurut Rasto (2015:49) ”suatu prosedur adalah seperangkat tindakan yang ditetapkan atau kejadian yang harus berlaku atau berlangsung untuk mencapai hasil tertentu”.
  5. Menurut Ida Nuraida (2014:43) bahwa “prosedur merupakan metode-metode yang dibutuhkan untuk menangani aktivitassyang akan datang danurutan aktivitas untuk mencapai tujuan tertentu.Berdasarkan beberapa definisi diatasdapat disimpulkan pengertianprosedur adalah urutan kegiatan kerja untukmenyelesaikan pekerjaan yang dilakukan secara terencana atau tersususn dan biasanya melibatkan beberapa orang.
  6. Menurut Mulyadi (2016: 4), prosedur adalah suatu urutan kegiatan klerikal, biasanya melibatkan beberapa orang dalam departemen atau lebih, yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang. Pekerjaan klerikal umumnya terdiri dari:
    a. Menulis, seperti menulis nama dan alamat supplier;
    b. Menggandakan, seperti menulis faktur dalam beberapa rangkap;
    c. Menghitung, seperti perkalian,pengurangan,penjumlahan dan pembagian;
    d. Memberi kode, seperti pemberian kode pada setiap supplier;
    e. Mendaftar, seperti daftar hutang yang menunggak lebih dari satu bulan;
    f. Memilih (menyortasi), seperti memilih faktur pembelian menurut nama perusahaan supplier;
    g. Memindah, seperti membukukan data pembelian bahan baku pada buku transaksi ke dalam buku jurnal;
    h. Membandingkan, seperti membandingkan faktur pembelian dengan laporan penerimaan barang.

 

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa prosedur merupakan urutan kegiatan klerikal atau pekerjaan yang rutin untuk dilakukan saat sistem akuntansi pembelian berlangsung, ketika prosedur berjalan sesuai dengan standar untuk setiap bagian tidak akan mengalami kesalahan dan persediaan bahan baku akan aman terkendali.

 

Pengertian Prosedur Menurut Para Ahli




 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Uncategorized