Pengertian Pembangunan Ekonomi Daerah

Pengertian Pembangunan Ekonomi Daerah

Pengertian Pembangunan Ekonomi Daerah

Pembangunan ekonomi daerah adalah suatu proses saat pemerintah daerah dan masyarakat mengelola sumber daya yang ada dan selanjutnya membentuk kemitraan antara pemerintah daerah dengan sector swasta yang bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja baru serta merangsang perkembangan kegiatan ekonomi. Pembangunan ekonomi meliputi berbagai aspek perubahan dalam kegiatan ekonomi, maka sampai dimana taraf pembagunan ekonomi yang dicapai oleh suatu negara telah meningkat, serta tidak mudah diukur secara kuntitatif.

Dalam pembangunan ekonomi daerah yang menjadi pokok permasalahannya adalah terletak pada kebijakan – kebijakan pembangunan yang didasarkan pada kekhasan daerah yang bersangkutan dengan menggunakan potensi sumber daya manusia, kelembagaan dan sumber daya fisik secara local.

pengertian pembangunan ekonomi daerah, maket creator media

Pembangunan ekonomi daerah adalah suatu proses yang mencakup pembentukan institusi – institusi baru, pembangunan industry – industry alternative, perbaikan kapasitas tenaga kerja yang ada untuk menghasilkan barang dan jasa, identifikasi pasar – pasar baru, pengetahuan dan teknologi serta pengembangan usaha – usaha baru.

Tujuan utama dari pembangunan ekonomi daerah adalah untuk meningkatkan jumlah dan jenis peluang kerjauntuk masyarakat daerah. Pemerintah daerah dan masyarakatnya harus bersama – sama mengambil inisiatif pembangunan daerah. Oleh karena itu, pemerintah daerah dengan pasrtisipasi masyarakat, dengan dukungan sumber daya yang ada harus mampu menghitung potensi sumber daya yang diperlukan untuk merancang serta membangun ekonomi daerahnya.

 

 




by Maket Creator

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ekonomi