Pengertian Pasar Menurut Para Ahli dan Pengertian Pemasaran

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli dan Pengertian Pemasaran

Menurut Husein Umar (2005, p35), kutub pertama dari model lingkungan bisnis adalah aspek pasar. Pengkajian Aspek Pasar sangat penting dilakukan karena tidak ada proyek atau bisnis yang berhasil tanpa adanya permintaan atas barang atau jasa yang dihasilkan proyek tersebut. Pada dasarnya, analisis aspek pasar bertuuan antara lain untuk mengetahui berapa besar luas pasar, pertumbuhan permintaan dan market share dari produk bersangkutan.



Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

  1. Pengertian pasar menurut Umar (2005,p35) pasar merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli atau saling bertemunya antara kekuatan permintaan dan penawaran untuk membentuk suatu harga.
  2. Pengertian pasar menurut Stanton yang dikutip oleh Umar (2005,p35) pasar merupakan temat kumpulan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja dan kemauan untuk membelanjankannya. Jadi ada tiga faktor utama yang menunjang terjadinya pasar, yaitu orang denga keinginannya, daya belinya, serta tingkahlakunya dalam pembeliannya.
  3. Pengertian pasar menurut Gilarso (2007,p109) pasar merupakan mata rantai yang menghubunkan antara produsen dan konsumen, ajang pertemuan antara penjual dan pembeli, antara dunia usaha dan masyarakat.
  4. Pengertian pasar menurut Subagyo (2008,p63) pasar adalah titik pertemuan antara permintaan dan penawaran jenis produk dan jasa sehingga tercapainya kesepatakan dalam transaksi.

Dari beberapa sumber diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pasar adalah suatu tempat terjadinya pertemuaan antara kekuatan penawaran dan permintaan yang memiliki kebutuhan masing-masing yaitu antara pembeli dan penjual, sehingga terjadi kesepakatan jual beli antara keduanya.

 



Pengertian pemasaran menurut Kotler yang dikutip oleh Kasmir dan Jakfar dalam buku Studi Kelayakan Bisnis (2003:p47) “ Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.

Menurut Amstrong dan Kotler (2008, p62), Bauran pemasaran atau marketing mix adalah kumpulan alat pemasaran taktis terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkanya dipasar sasaran. Bauran pemasaran terdiri dari semua hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan produknya. Berbagai kemungkinan ini dapat dikelompokan menjadi empat kelompok variabel yang disebut ’4P’ yakni :

  1. Product (produk). Produk berarti suatu kombinasi barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pasar sasaran. Beberapa faktor yang patut diperhatikan adalah Kualitas, Ragam, Desain, Fitur, Kemasan, Nama merek, dan Layanan.
  2. Price (harga). Adalah jumlah uang yang harus dibayarkan pelanggan untuk memperoleh produk yang diinginkan. Faktor yang diperhatikan biasanya adalah Daftar harga, Diskon, Potongan harga, Periode pembayaran, atau Persyaratan kredit.
  3. Place (tempat). Yang dimaksud dengan tempat ini adalah meliputi kegiatan perusahaan yang membuat produk tersedia bagi pelanggan sasaran. Faktor-faktor yang patut diperhatikan adalah Lokasi, Logistik, dan Transportasi.
  4. Promotion (promosi). Promosi berarti aktivitas perusahaan yang menyampaikan manfaat produk dan pada dasarnya bertujuan untuk membujuk pelanggan membelinya. Faktor-faktor yang diperhatikan adalah seperti Iklan, Penjualan pribadi, Promosi penjualan, Hubungan masyarakat.

Program pemasaran yang efektif memadukan semua element bauran pemasaran tadi kedalam suatu program pemasaran terintegrasi yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan dengan menghantarkan nilai bagi konsumen.

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 




 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-02-23 08:30:00.

Ekonomi