Agustus 4, 2020
Sistem Informasi

Pengertian Entity relationship

CREATOR MEDIA INFORMATION MAKET CREATOR.com

Pengertian Entity relationship adalah jaringan yang menggunakan susunan data yang disimpan dari sistem secara abstrak. Entity-relationship dari model terdiri dari unsur-unsur entity dan relationship antara entity-entitiy tersebut.

 

Komponen Entity Relationship :

  1. Entitas yaitu suatu kumpulan object atau sesuatu yang dapat dibedakan atau dapat diidentifikasikan secara unik. Dan kumpulan entitas yang sejenis disebut dengan entity set.
  2. Relationship yaitu hubungan yang terjadi antara satu entitas atau lebih.
  3. Atribut, kumpulan elemen data yang membentuk suatu entitas.
  4. Indicator tipe terbagi 2 yaitu :
    a. Indicator tipe asosiatif object
    b. Indicator tipe super tipe

 

Entity Set Terbagi Atas :

  1. Strong entity set yaitu entity set yang satu atau lebih atributnya digunakan oleh entity set lain sebagai key. Digambarkan dengan empat persegi panjang.
    Misal :
    E adalah sebuah entity set dengan atribute-atribute a1, a2,..,an, maka entity set tersebut direpresentasikan dalam bentuk tabel E yang terdiri dari n kolom, dimana setiap kolom berkaitan dengan atribute-atributenya.
  2. Weak Entity set, Entity set yang bergantung terhadap strong entity set. Digambarkan dengan empat persegi panjang bertumpuk.
    Misal :
    A adalah weak entity set dari atribute-atribute a1, a2, .., ar dan B adalah strong entity set dengan atribute-atribute b1, b2,..,bs, dimana b1 adalah atribute primary key, maka weak entity set direpresentasikan berupa table A, dengan atribute-atribute {b1} u {a1,a2,.., ar}

 

Published by Jasa Maket by MaketCreator.com