Pengertian Eksternal Link

Pengertian Eksternal Link

Pengertian Eksternal Link

Pengertian eksternal link atau bisa disebut juga dengan sebutan outbond link, jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah link keluar yaitu sebuah tautan link yang terpasang pada halaman situs baik itu blog atau website yang mengarah ke situs blog atau website lainnya ( tautan yang mengarah ke domain terpisah ). Dengan kata lain situs yang memiliki eksternal link akan memberikan backlink untuk situs lain yang dituju. Jika anda menerapkan eksternal link yang akan terjadi bila pengunjung situs anda mengklik tautan link tersebut maka pengunjung situs anda akan keluar dari situs anda dan menuju ke situs lain yang diarahkan oleh link atau tautan tersebut.

Dengan memberikan eksternal link yang mengarah pada situs yang dipercaya oleh Goolge tentu akan membuat konten website anda jauh lebih baik oleh penilainan google. Contoh penggunaan eksternal link seperti membuat kutipan konten dari tulisan website lain yang anda tulis kembali di website anda, kemudian anda memberikan link yang menuju sumber tulisan tersebut sebegai refrensi dari tulisan anda hal tersebut dapat meningkatkan kredibilitas website anda oleh search engine.

Jika anda salah dalam menerapkan eksternal link maka website anda akan terkena dampak buruk. Contohnya seperti jika eksternal link yang anda buat menuju website yang memiliki kualitas rendah dan tidak relevan dengan pembahasan konten website anda, hal ini akan berdampak pada turunnya hasil pencarian website anda oleh search engine.



Saran dalam penerapan Eksternal link :

  • Buatlah eksternal link yang mengarah pada situs lain yang dipercaya oleh Goggle dan memiliki pembahasan yang masih berkaitan / relevan (memiliki niche yang sama). Dengan merekomendasikan situs lain yang dipercaya oleh Google, hal tersebut mengisyaratkan bahwa situs kamu juga memiliki konten yang baik dan terpercaya karena mengutip dengan merefrensikan menggunakan eksternal link yang mengarah ke situs yang dipercaya oleh Google. Jadi buatlaha eksternal link yang mengarah pada sumber terpercaya, bukan dari situs yang penuh dengan iklan dan outbond link yang banyak, website gambling, serta situs-situs yang tidak relevan dengan website anda.
  • Buatlah eksternal link dengan jumlah yang wajar, tidak berlebihan.
  • Buatlah eksternal link menggunakan anchor text yang berfariasi dan sesuai dengan outbond link yang disertakan dan mengandung kata kunci (keyword).
  • Penempatan eksternal link yang natural dan tersebar secara merata.

 

Pengertian Eksternal Link

Keuntungan menggunakan Eksternal link :

  • Eksternal link merupakan cara terbaik untuk membangun hubungan dengan pemilik website lainnya yang memiliki kesamaan niche atau relevan dengan topik website anda.
  • Kutipan dari website yang relevan atau berkaitan dengan website anda akan membuat konten anda lebih baik.

Eksternal link yang harus dihindari :

  • Membuat komentar dengan meninggalkan link pada situs lain yang tidak memiliki kesamaan jenis konten yang dibahas dengan situs anda (tidak relevan / tidak nyambung). Cara ini di dapat berpotensi memberikan dampak yang buruk pada website anda karena Google bisa saja menilai kegiatan sepertini ini dengan SPAM.

Perbedaan Internal link dengan Eksternal link :

  • Internal link = tautan yang mengarah ke konten dalam domain yang sama.
    Internal link adalah link/tautan yang dibuat untuk mengaitkan antara link di artikel satu dengan link artikel lainnya dalam satu website.
  • Eksternal link = tautan yang mengarah ke domain terpisah.
    External link adalah link/tautan pada sebuah halaman web atau artikel yang menuju ke domain web lainnya. Eksternal link adalah kebalikan dengan internal link.

 



 

Lihat juga konten lainnya mengenai Manfaat Internal Link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2021-06-06 01:44:51.

Digital Marketing