Manfaat Supply Chain Management

Manfaat Supply Chain Management

Manfaat Supply Chain Management

Supply Chain Management atau Manajemen Rantai Pasokan memegang peran penting dalam sebuah bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan. Sebelum adanya manajemen rantai pasokan, perusahaan mudah sekali mengalami kerugian akibat perkiraan pengiriman produk atau jasa yang terkadang tidak sesuai dengan permintaan pasar atau kebutuhan konsumen. Kini, dengan menerapkan manajemen rantai pasok ini, perusahaan dapat menekan kerugian dan justru dapat mendapatkan laba di atas rata-rata. Berikut beberapa manfaat supply chain management yang perlu diketahui :

 

Manfaat Supply Chain Management Bagi Perusahaan

  1. Memuaskan Pelanggan
    Dengan menerapkan Supply Chain Management, sebuah perusahaan dapat memuaskan para pelanggannya. Perusahaan dapat menjamin kepuasan para pelanggan dengan menghasilkan barang/jasa yang sesuai dengan permintaan para pelanggan sebagai mitra usahanya. Pelanggan memang menjadi sasaran utama bagi sebuah perusahaan dalam aktivitas produksi karena mereka adalah pihak yang membeli atau memakai barang/jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Para pelanggan harus terus dijaga tingkat kepuasannya agar mereka dapat menjadi konsumen yang setia dalam jangka waktu yang panjang. Manajemen rantai pasokan atau supply chain management berperan penting dalam membantu perusahaan untuk menjamin kepuasan para konsumen. Melalui mekanisme ini, perusahaan dapat mengetahui barang apa yang mereka inginkan serta kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan barang tersebut.
  2. Meningkatkan Pendapatan
    Semakin banyak konsumen yang setia untuk menggunakan barang/jasa sebuah perusahaan dalam jangka waktu yang lama, semakin besar pula peluang perusahaan tersebut untuk meningkatkan pendapatannya. Barang-barang yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut juga tidak akan terbuang sia-sia setelah di produksi karena barang itu diminati dan juga dipakai oleh para konsumen. Dengan demikian, pendapatan perusahaan akan meningkat.
  3. Menurunkan Biaya
    Jika dulu perusahaan harus mengeluarkan biaya banyak untuk proses pengadaan barang, produksi, dan juga pendistribusian barang/jasa, kini semua terasa berbeda. Dengan adanya Supply Chain Management, sebuah perusahaan dapat menekan biaya yang harus mereka keluarkan untuk semua proses tersebut. Adanya pengintegrasiaan aliran produk dari perusahaan kepada para konsumen dapat mengurangi biaya pada jalur produksi dan juga distribusi.
  4. Pemanfaatan AsetPerusahaan dengan Maksimal
    Dalam menerapkan manajemen rantai pasokan, teknologi memiliki peran yang cukup penting. Dengan adanya teknologi yang terdapat pada manajemen rantai pasokan tersebut, perusahaan dituntut untuk meningkatkan kinerja para karyawanya. Untuk itulah, biasanya perusahaan akan bekerjasama dengan penyedia software yng akan mendukung para karyawan menjalankan mekanisme rantai pasokan. Karyawan sebagai salah satu aset terbesar dalam perusahaan tentu saja akan berusaha meningkatkan keterampilan dan juga pengetahuannya agar dapat menerapkan manajemen rantai pasokan dengan maksimal. Mereka akan berlatih bagaimana caranya memanfaatkan teknologi tinggi sebagaimana yang dituntut dalam pelaksanaan manajemen rantai pasokan. Dengan demikian, pemanfaatan aset perusahanaan juga akan lebih maksimal.
  5. Meningkatkan Keuntungan
    Perusahaan dapat menjual barang/jasanya dengan optimal, menjaga tingkat kepuasan para pelanggan, dan juga dapat mengefisienkan proses produksi dan juga distribusi akan dapat meningkatkan pendapatannya. Jika hal ini dapat terus dipertahankan, maka perusahaan akan mampu memperoleh keuntungan di atas rata-rata.
  6. Menjadi Mediasi Pasar
    Manajemen rantai pasokan dapat berfungsi sebagai mediasi pasar. Karena itulah, mekanisme rantai pasokan yang diterapkan dengan baik dapat memastikan semua barang yang dipasok telah sesuai dengan aspirasi pelanggan atau konsumen akhir. Melalui pelaksanaan manajemen rantai pasokan, perusahaan dapat menjalankan fungsi pemasarannya. Mereka dapat mengidentifikasi produk apa saja yang diminati oleh para konsumen. Dengan demikian, mereka dapat mengidentifikasi seluruh atribut produk yang diharapkan oleh konsumen untuk kemudian mengkomunikasikan kepada para operator produksi/perancangan produk.
  7. Perusahaan Menjadi Semakin Besar
    Di sisi lain, perusahaan dapat mencapai tujuan utama yang telah ditargetkan. Dengan menerapkannya akan mendapatkan keuntungan yang besar sehingga lambat laun perusahaan tersebut akan menjadi lebih kuat dan besar. Itulah beberapa manfaat penerapan Supply Chain Management bagi sebuah perusahaan. Dengan menerapkan mekanisme ini, suatu perusahaan dapat mencapai tujuan yang telah ditargetkan.



Manfaat Supply Chain Management Dalam Bisnis

  1. Menjaga Kerja Sama di Rangkaian Jaringan Perusahaan
    Kerja sama merupakan kunci utama keberhasilan sebuah perusahaan. Tanpa adanya kerja sama yang baik, maka di tubuh perusahaan akan terjadi chaos atau kekacauan. Dengan diterapkannya manajemen rantai pasok, diharapkan koordinasi dan kerja sama pada setiap jaringan perusahaan akan lebih baik, sehingga kerja atau produksi semakin efektif dan efisien.
  2. Menjaga Kepuasan Customer atau Pelanggan
    Sebuah perusahaan tidak akan mampu berjalan tanpa adanya pelanggan. Oleh karena itu, kepuasan pelanggan harus dijaga atau bahkan ditingkatkan. Manajemen rantai pasok yang benar membantu perusahaan menjaga kepuasan pelanggan karena produk bisa ke tangan pelanggan dengan tepat waktu dan kualitas yang memuaskan.
  3. Mencapai Efisiensi Biaya di Seluruh Sistem dan Tahapan
    Dengan menerapkan manajemen rantai pasok diharapkan perusahaan bisa menggunakan dana yang tersedia dengan lebih efisien tanpa terjadi pemborosan karena pembelian barang yang tidak perlu. Melalui penerapan manajemen rantai pasok juga diharapkan proses transportasi dan distribusi menjadi lebih efektif dan juga efisien.
  4. Memenangkan Persaingan Pasar
    Penerapan SCM juga bertujuan agar perusahaan dapat memenangkan atau mempertahankan persaingan pasar. Hal ini bisa dilakukan jika rantai pasokan menyediakan produk yang murah, berkualitas dan bervariasi.

 

Manfaat supply chain management (SCM)

  1. Meminimalkan inventori Kegiatan SCM dapat menekan tingkat inventori, melalui pengendalian dan informasi intensif.
  2. Mengurangi biaya Pengintegrasian aliran produk dari pemasok sampai konsumen akhir dapat mengurangi biaya.
  3. Mengurangi lead time Koordinasi, sistem, data dan informasi yang tepat dalam pelaksanaan aliran barang dapat mengurangi lead time pengadaan, produksi dan distribusi.
  4. Meningkatkan pendapatan Konsumen yang setia dan menjadi mitra perusahaan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.
  5. Ketepatan waktu penyerahan Sistem aliran barang terintegrasi dan terkontrol, dapat menghasilkan penyerahan barang tepat waktu.
  6. Menjamin kelancaran aliran barang Pengintegrasian semua elemen SCM melalui sistem informasi, dapat memperlancar aliran barang.
  7. Menjamin kualitas Kualitas bahan baku dan hasil produksi barang jadi akan terjamin karena sejak awal sudah dikendalikan.
  8. Menghindari kehabisan persediaan ( stock out ) Sistem kemitraan dengan supplier serta informasi intensif menghasilkan tingkat persediaan optimal.
  9. Meningkatkan akurasi peramalan kebutuhan Berdasarkan data dan informasi yang akurat maka tingkat peramalan kebutuhan menjadi lebih akurat.
  10. Kepuasan konsumen Kualitas produk dan layanan yang baik menjadikan konsumen setia dan yakin terhadap produk.
  11. Mengurangi jumlah pemasok Pemasok terbatas yang kompeten dapat mengurangi biaya, keragaman dan memudahkan pelacakan ( tracking ).
  12. Mengembangkan kemitraan ( partnership ) Kerjasama jangka panjang, mempunyai tujuan yang sama dan saling percaya serta berbagi resiko.
  13. Peningkatan kompetensi SDM Kompetensi sumber daya manusia akan semakin meningkat baik pengetahuan maupun keterampilan dalam penggunaan teknologi tinggi.
  14. Perusahaan semakin berkembang Perusahaan yang mendapatkan keuntungan akan menjadi besar dan berkembang.
  15. Meningkatkan daya saing Jaringan SCM yang berhasil dan nilai supply chain yang meningkat, secara otomatis akan meningkatkan daya saing perubahan.

 



 

Lihat juga web lainnya :

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Manajemen Logistik