Manfaat Metode Mind Mapping, Manfaat Model Pembelajaran Mind Mapping

Manfaat Metode Mind Mapping, Manfaat Model Pembelajaran Mind Mapping

Mind mapping merupakan teknik mencatat yang kreatif, efektif dan praktis. Fungsi mencatat adalah untuk membantu siswa dalam mengingat materi. Mind mapping dikatakan kreatif karena tidak hanya menulis tulisan linier yang berjejer sepanjang buku tetapi dengan menggunakan garis, gambar dan warna yang warna warni sehingga lebih menarik. Mencatat menggunakan metode mind mapping menjadi efektif dengan hanya menggunakan satu lembar kertas hasil yang didapat sangat banyak sekali dan menjadi praktis ketika dalam mengulang/recall materi yang didapat hanya dengan membaca satu lembar kertas. Otak dapat menerima informasi berupa gambar, simbol, citra, musik dan lain lain yang berhubungan dengan fungsi kerja otak kanan (Buzan dan Buzan, 2007).

Manfaat awal mind mapping adalah untuk mencatat. Mind mapping hampir sama dengan metode lama outlining yang kaku kadang kala mengganggu kebebasan berfikir sehingga sulit munculnya ide baru. Mind mapping mampu digunakan seseorang untuk menyerap informasi dengan bebas dan juga membantu orang tersebut untuk mengkait- kaitkan informasi terhadapt dirinya dan juga dapat menjadikan dirinya kreatif. Cara kerja mind mapping adalah memadukan kata kunci/keyword dengan gambar sebagai penunjang kata kunci. Dalam mind mapping juga perlu menggunakan warna karena akan mempermudah untuk menyusun pokok pikiran yang berbeda ,serta memperkuat efek asosiasi yang dibentuk oleh kata kunci-gambar-warna. Mind mapping, secara mental seperti menggambar sesuatu yang telah dibayangkan, ketika gambar yang dibayangkan muncul maka semua penjelasan yang ada didalam dapat terjelaskan (Muhammadnoer, 2009).



Menurut Tony Buzan (2006, hlm. 6), mind mapping membantu kita dalam sangat banyak hal, yaitu, merencana, berkomunikasi, menjadi lebih kreatif, menghemat waktu, menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran-pikiran, mengingat dengan lebih baik, belajar lebih cepat dan efisien, melihat “gambar keseluruhan”, dan menyelamatkan pohon.

Sedangkan menurut Michael (dalam Tony Buzan, 2006, hlm. 6) menyatakan bahwa manfaat mind mapping adalah mengaktifkan seluruh otak, membereskan akal dari kekusutan mental, memungkinkan kita berfokus pada pokok bahasan, membantu menunjukkan hubungan antara bagian-bagian infromasi yang saling terpisah, memberi gambaran yang jelas pada keseluruhan dan perincian, serta memungkinkan untuk mengelompokkan konsep dan membantu kita membandingkannnya.



 

Guru menyuruh siswa untuk membuat peta pikiran agar memungkinkan siswa mengidentifikasi dengan jelas dan kreatif apa yang telah dipelajari atau apa yang tengah dibicarakan. Mind Map sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau menemukan alternatif jawaban. Mind Map berfungsi sebagai alat bantu untuk memudahkan otak bekerja. Berikur ini adalah bebearapa manfaat dari Mind Map :

Manfaat Metode Mind Mapping

  1. Mempercepat pembelajaran
  2. Melihat koneksi antar topik yang berbeda
  3. Memabantu “brainstroming”
  4. Memudahkan ide mengalir
  5. Melihat gambaran besar
  6. Memudahkan dalam mengingat
  7. Menyerdehanakan struktur (Wahyudi Sayuti, 2005; 122)



Manfaat Metode Mind Mapping Menurut Michael Michalko :

  1. Mengaktifkan seluruh otak
  2. Memungkinkan kita fokus pada pokok bahasan
  3. Membantu menunjukkan hubungan antar bagian-bagian informasi yang saling terpisah
  4. Memberi gambaran yang jelas pada keseluruhan dan perincian
  5. Memungkinkan kita mengelompokkan konsep dan membantu kita membandingkannya.
  6. Mengisyaratkan kita untuk memusatkan perhatian pada pokok bahasan yang membantu mengalihkan informasi dari ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang (Bagus Taruna Legowo; 9)



Manfaat Metode Mind Mapping Menurut Bobbi De Porter

Menurut Bobbi De Porter dan Mike Hernacki dalam bukunya yang berjudul Quantum Learning, manfaat Mind Mapping adalah sebagai berikut :

  1. Fleksibel Jika seseorang pembicara teringat untuk menjelaskan suatu hal tentang pemikiran, anda dapat dengan mudah menambahnya ditempat yang sesuai dengan peta pikiran anda tanpa harus kebingungan.
  2. Memusatkan Perhatian Tidak perlu berfikir untuk menagkap setiap kata yang dibicarakan sebaiknya anda dapat berkonsentrasi pada gagasannya.
  3. Meningkatkan pemahaman Ketika membaca suatu tullisan, peta pikiran akan meningkat pemahaman dan memberikan catatan ulang yang sangat berarti nantinya.
  4. Menyenangkan Imajinasi dan kreativitas tidak terbatas. Dan hal ini menjadikan pembuatan dan peninjauan ulang catatan lebih menyenangkan (Wahyudi Sayuti, 2005; 22)



Fungsi Mind Mapping

Ada lima fungsi Mind Mapping yang dikemukakan oleh Tony Buzan (2011:5), yaitu :

  1. Memberi pandangan menyeluruh pada pokok masalah atau area yang luas.
  2. Memungkinkan kita merencanakan rute atau membuat pilihanpilihan dan mengetahui kemana kita akan pergi dan dimana kta berada.
  3. Mengumpulkan sejumlah besar data disatu tempat.
  4. Mendorong pemecahan masalah dengan membiarkan kita melihat jalan-jalan terobosan kreatif baru.
  5. Menyenangkan untuk dilihat, dibaca, dicerna, dan diingat.



Manfaat Model Pembelajaran Mind Mapping

Menurut Buzan (2012:6) mind mapping dapat membantu kita dalam banyak hal. Berfikir ini hanyalah beberapa diantaranya, mind mapping dapat membantu kita :

  1. Merencana
  2. Berkomunikasi
  3. Menjadi lebih kreatif
  4. Menghemat waktu
  5. Menyelesaikan masalah
  6. Memusatkan perhatian
  7. Menyusun dan menjelaskan pikiran-pikiran
  8. Belajar lebih cepat dan evisien
  9. Mengingat dengan lebih baik
  10. Melihat ”gambar keseluruhan”



 

Sedangkan menurut Michalko dalam bukunya Buzan (2009:6) model pembelajaran mind mapping dapat dimanfaatkan atau berguna untuk berbagai bidang termasuk bidang pendidikan diantaranya :

  1. Mengaktifkan seluruh otak.
  2. Memungkinkan kita berfokus pada pokok bahasan.
  3. Membantu mewujudkan hubungan antara bagian-bagian informasi yang saling terpisah.
  4. Memberi gambaran yang jelas pada keseluruhan dan perincian.
  5. Mengumpulkan kita mengelompokan konsep, membantu kita membandingkannya.

Berdasarkan manfaat model pembelajaran mind mapping di atas maka dapat peneliti simpulkan bahwa pembuatan model mind mapping membutuhkan pemanfaatan imajinasi dari si pembuatnya. Siswa yang kreatif akan lebih mudah membuat model mind mapping. Begitu pula dengan semakin membuat mind mapping dia akan semakin kreatif. Mind mapping sangat efektif untuk bila digunakan untuk memunculkan ide terpendam yang siswa mililki dan membuat asosiasi diantara ide tersebut. Semua manfaat di atas tergantung bagaimana kita mempraktekkan dalam membuat mind mapping, jika dibuat asal-asalan manfaatnya tidak akan terasa.

 

Lihat juga pembahasan terkait lainnya :

 



 

 

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-02-18 19:07:23.

Pendidikan