Media pembelajaran yang dikembangkan termasuk jenis media komputer. Penyajian media pembelajaran menggunakan komputer dapat dikategorikan menjadi beberapa model. Heinich (Wina Sanjaya: 2012; 200) mengemukakan enam model penyajian media pembelajaran yang dapat dihasilkan melalui komputer, yakni: (1) praktik dan latihan; (2) tutorial; (3) permainan; (4) simulasi; (5) penemuan; dan (6) pemecahan masalah.
Menurut Dina Indriana (2011: 116-119), model media pembelajaran menggunakan komputer, yaitu :
- Model Drill, merupakan program komputer yang digunakan untuk melatih ketrampilan siswa, bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret dalam bentuk latihan soal.
- Model Tutorial, merupakan program komputer berupa materi pembelajaran yang disajikan dalam unit-unit kecil, kemudian disusul dengan pertanyaan. Respon siswa dianalisis oleh komputer, dan umpan balik terhadap respon diberikan secara langsung.
- Model Simulasi, merupakan program pembelajaran menggunakan komputer yang didesain melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
- Model Games, dikembangkan berdasarkan atas pembelajaran menyenangkan. Siswa dihadapkan pada beberapa petunjuk dan aturan permainan.
Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran
- Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar.
- Mengkaji media yang cocok dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar dan bagaimana cara pencapaiannya.
- Merumuskan strategi dan caranya.
- Mengembangkan naskah atau isi pesan. Siapa yang akan menggunakan media pembelajaran? Apa pesan pokok yang akan disampaikan? Apakah ada media yang sudah dipakai? Apakah ada sumber informasi lain?
- Memilih bentuk dan jenis media pembelajaran.
- Media apa yang menjangkau peserta didik? Bentuk media seperti apa yang sesuai dengan perkembangan peserta didik? Mempertimbangkan dana, waktu dan hambatan.
- Merancang dan menyelesaikan media pembelajaran. Bagaimana penyelesaian tugas. Apakah semua tugas bisa diselesaikan. Berapa lama waktu yang dibutuhkan.
- Melakukan uji coba dan evaluasi. Sebelum media digunakan dalam proses belajar mengajar, sebaiknya diuji cobakan terlebih dahulu dan dievaluasi kehandalannya.
- Melakukan perbaikan.
- Melakukan evaluasi penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar.
Pembahasan terkait lainnya :
- Pengertian Pendidikan IPS
- Klasifikasi Media Pembelajaran
- Kriteria Materi Pembelajaran Yang Baik
- Indikator Penilaian Media Pembelajaran
- Fungsi Media Visual dalam Pembelajaran
- Pengertian Media Visual Menurut Para Ahli
- Landasan Penggunaan Media Pembelajaran
- Fungsi Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Manfaat Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran
- Pemilihan Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Jenis-Jenis Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses Belajar
- Peranan Media Pembelajaran dalam Konteks Belajar
- Kontribusi Media Pembelajaran dalam Proses Belajar
- Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran
- Peran Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran
- Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran
- Kelebihan Kekurangan Media Pembelajaran Berbasis Visual