Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran

Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran

Media pembelajaran yang dikembangkan termasuk jenis media komputer. Penyajian media pembelajaran menggunakan komputer dapat dikategorikan menjadi beberapa model. Heinich (Wina Sanjaya: 2012; 200) mengemukakan enam model penyajian media pembelajaran yang dapat dihasilkan melalui komputer, yakni: (1) praktik dan latihan; (2) tutorial; (3) permainan; (4) simulasi; (5) penemuan; dan (6) pemecahan masalah.



Menurut Dina Indriana (2011: 116-119), model media pembelajaran menggunakan komputer, yaitu :

  1. Model Drill, merupakan program komputer yang digunakan untuk melatih ketrampilan siswa, bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret dalam bentuk latihan soal.
  2. Model Tutorial, merupakan program komputer berupa materi pembelajaran yang disajikan dalam unit-unit kecil, kemudian disusul dengan pertanyaan. Respon siswa dianalisis oleh komputer, dan umpan balik terhadap respon diberikan secara langsung.
  3. Model Simulasi, merupakan program pembelajaran menggunakan komputer yang didesain melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
  4. Model Games, dikembangkan berdasarkan atas pembelajaran menyenangkan. Siswa dihadapkan pada beberapa petunjuk dan aturan permainan.



Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran

  1. Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar.
  2. Mengkaji media yang cocok dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar dan bagaimana cara pencapaiannya.
  3. Merumuskan strategi dan caranya.
  4. Mengembangkan naskah atau isi pesan. Siapa yang akan menggunakan media pembelajaran? Apa pesan pokok yang akan disampaikan? Apakah ada media yang sudah dipakai? Apakah ada sumber informasi lain?
  5. Memilih bentuk dan jenis media pembelajaran.
  6. Media apa yang menjangkau peserta didik? Bentuk media seperti apa yang sesuai dengan perkembangan peserta didik? Mempertimbangkan dana, waktu dan hambatan.
  7. Merancang dan menyelesaikan media pembelajaran. Bagaimana penyelesaian tugas. Apakah semua tugas bisa diselesaikan. Berapa lama waktu yang dibutuhkan.
  8. Melakukan uji coba dan evaluasi. Sebelum media digunakan dalam proses belajar mengajar, sebaiknya diuji cobakan terlebih dahulu dan dievaluasi kehandalannya.
  9. Melakukan perbaikan.
  10. Melakukan evaluasi penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar.

 

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 

 




 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Pendidikan