Langkah-Langkah Mind Mapping dalam Pembelajaran
Secara umum, prosedur pembelajaran dilakukan melalui 3 tahapan yaitu : (1) kegiatan pendahuluan; (2) kegiatan inti; (3) kegiatan akhir. Secara aplikatif ada beberapa langkah-langkah pembelajaran menggunakan metode Mind Mapping. Menurut Iwan Sugiarto dalam Daniel Hendra Purwoko (2012:18), langkah pembelajaran menggunakan metode Mind Mapping adalah sebagai berikut :
Langkah-Langkah Mind Mapping dalam Pembelajaran menurut Iwan Sugiarto dalam Daniel Hendra Purwoko
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
- Guru menyajikan materi sebagaimana biasa.
- Membagi siswa dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3 sampai 4 siswa.
- Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan antara lain kertas gambar, spidol warna, pensil, dan penghapus.
- Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai materi yang disampaikan dengan menggunakan metode Mind Mapping.
- Guru membagi materi yang akan dibuat dengan metode Mind Mapping.
- Siswa berdiskusi dengan kelompok masing-masing untuk kemudian membuat materi dalam metode Mind Mapping.
- Setelah selesai, perwakilan kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil Mind Mapping di depan kelas.
Berdasarkan langkah-langkah seperti di atas diharapkan siswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran sehingga materi yang di sampaikan akan mudah dipahami dan diingat oleh siswa. Selain itu, siswa juga harus aktif dalam kegiatan pembelajaran seperti, bertanya dan menjawab pertanyaan. Guru juga harus memberikan pertanyaanpertanyaan kepada siswa, sehingga akan tercipta proses belajar yang baik di dalam kelas.
Langkah-langkah mind mapping dalam Pembelajaran menurut Iwan Sugiarto ( 2004), langkah pembelajaran menggunakan metode mind mapping adalah sebagai berikut :
Langkah-Langkah Mind Mapping dalam Pembelajaran Menurut Iwan Sugiarto
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
- Guru menyajikan materi sebagaimana biasa.
- Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang.
- Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya.
- Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
- Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang kiranya belum dipahami siswa.
- Kesimpulan/penutup
Langkah-Langkah Mind Mapping dalam Pembelajaran Menurut Frindiyani
Frindiyani (2010)mengemukakan pendapat lain tentang langkah- langkah pembelajaran menggunakan mind mapping, sebagai berikut: Pelaksanaan pembelajaran diawali dengan kegiatan orientasi (kegiatan awal), yaitu :
- Guru mengajukan beberapa pertanyaan berkenaan dan menghubungkannya dengan pelajaran yang lalu.
- Sosialisasi, tujuan, prasyarat, dan langkah pembelajaran serta memotivasi siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
- Siswa membaca bahan (guru memfotokopi bahan sumber untuk semua anak)
- Siswa menyimak penjelasan dari guru (metode bercerita)
- Siswa mengidentifikasi idea atau gagasan utama dari materi (judul bab belum tentu sama dengan ide utama materi sebenarnya)
- Siswa mengidentifikasi ide sekunder dari ide utama sebelumnya (dipandu bantuan guru, diberi warna)
- Siswa meletakkan ide utama sebagai pusat peta konsep
- Siswa meletakkan ide sekunder di sekeliling ide utama
- Siswa memadukan ide utama dengan ide sekunder menggunakan kata penghubung
- Menyimpulkan materi dari peta konsep yang telah dibuatnya
Kemudian dilaksanakan kegiatan terakhir, dilaksanakannya kegiatan penyimpulan (kegiatan Penutup), yaitu:
- Guru menyimpulkan seluruh dan cara mengembangkan keterampilan berpikir
- Tes Individual : (perwakilan) maju satu per satu membuat peta konsep
- Siswa diberi tugas mempelajari dan membaca materi untuk pertemuan berikutnya
Aplikasi Mind Mapping dalam Pembelajaran dalam tahap aplikasi, terdapat empat langkah yang harus dilakukan proses pembelajaran berbasis Mind Mapping (Buzzan, 2007), yaitu :
Langkah-Langkah Mind Mapping dalam Pembelajaran Mind Mapping
-
Overview
Tinjauan menyeluruh terhadap suatu topik pada saat proses pembelajaran baru dimulai. Hal ini bertujuan untuk memberi gambaran umum kepada siswa tentang topik yang akan dipelajari. Khusus untuk pertemuan pertama pada setiap awal semester, overview dapat diisi dengan kegiatan untuk membuat Master mind map yang merupakan rangkuman dari seluruh topik yang akan diajarkan selama satu semester yang biasanya sudah ada dalam silabus. Dengan demikian, sejak awal siswa sudah mengetahui topik apa saja yang akan dipelajarinya sehingga membuka peluang bagi siswa yang aktif untuk mempelajarinya lebih dahulu di rumah atau di perpustakaan.
-
Preview
Tinjauan awal merupakan lanjutan dari overview sehingga gambaran umum yang diberikan setingkat lebih detail daripada overview dan dapat berupa penjabaran lebih lanjut dari silabus. Dengan demikian, siswa diharapkan telah memiliki pengetahuan awal yang cukup mengenai sub-topik dari bahan sebelum pembahasan yang lebih detail dimulai. Khusus untuk bahan yang sangat sederhana, langkah preview dapat dilewati sehingga langsung masuk ke langkah inview.
-
Inview
Tinjauan mendalam yang merupakan inti dari suatu proses pembelajaran, dimana suatu topik akan dibahas secara detail, terperinci dan mendalam. Selama inview ini, siswa diharapkan dapat mencatat informasi, konsep atau rumus penting beserta grafik, daftar atau diagram untuk membantu siswa dalam memahami dan menguasai bahan yang diajarkan.
-
Review
Tinjauan ulang dilakukan menjelang berakhirnya jam pelajaran dan berupa ringkasan dari bahan yang telah diajarkan serta ditekankan pada informasi, konsep atau rumus penting yang harus diingat atau dikuasai oleh siswa. Hal ini akan dapat membantu siswa untuk fokus dalam mempelajari ulang seluruh bahan yang diajarkan di sekolah pada saat di rumah. Review dapat juga dilakukan saat pelajaran akan dimulai pada pertemuan berikutnya untuk membantu siswa mengingatkan kembali bahan yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping ini ada beberapa langkah yang harus diperhatikan diantaranya :
- Memberikan tinjauan suatu topik untuk merangsang keaktifan siswa dan mengarahkan jalan pikiran siswa.
- Menentukan sub topik, kemudian menempatkannya di sekeliling topik sebagai kerangka catatan.
- Membahas secara detail, terperinci dan mendalam sub topik yang akan dibahas lebih lanjut. Dalam kegiatan ini siswa dapat mulai mencatat informasi atau rumus menggunakan mind mapping. Hal ini dapat juga dilakukan dalam kelompok kemudian sebagai hasil akhir ada presentasi dari kelompok.
- Meninjau kembali catatan yang dibuat. Dalam kegiatan ini juga dapat berupa kumpulan hasil diskusi kelompok yang kemudian didiskusikan dalam kelas. Sehingga dalam kegiatan ini dapat menambahkan informasi sekaligus memperdalam informasi.
Lihat juga pembahasan terkait lainnya :
- Manfaat Metode Mind Mapping
- Pengertian Metode Mind Mapping
- Karakteristik Metode Mind Mapping
- Metode Pembelajaran Mind Mapping
- Langkah-langkah Metode Mind Mapping
- Macam-Macam Peta Konsep dan Contohnya
- Kelebihan dan Kekurangan Metode Mind Mapping
- Langkah Membuat Catatan dengan Mind Mapping
- Langkah-Langkah Mind Mapping dalam Pembelajaran