Karakteristik Project Based Learning

Karakteristik Project Based Learning

Buck Institute for Education(1999) dalam Trianto (2014, h. 43) menyebutkan bahwa Projet Based Learning memiliki karakteristik, yaitu:

  1. Peserta didik sebagai pembuat keputusan, dan membuat kerangka kerja.
  2. Terdapat masalah yang pemecahannya tidak ditentukan sebelumnya.
  3. Peserta didik sebagai perancang proses untuk mencapai hasil.
  4. Peserta didik bertanggungjawab untuk mendapatkan dan mengelola informasi yang dikumpulkan.
  5. Melakukan evaluasi secara kontinu.
  6. Maha peserta didik secara teratur melihat kembali apa yang mereka kerjakan.
  7. Hasil akhir berupa produk dan dievaluasi kualitasnya.
  8. Kelas memiliki atmosfer yang memberi toleransi keaslahan dan perubahan.



Project Based Learning memiliki karakteristik yang membedakannya dengan model pembelajaran lainnya. BIE (1999)dalam Trianto (2014, h. 49-50) menyebutkan ciri-ciri Project Based Learning, diantaranya :

  1. Isi pada Project Based Learningdifokuskan kepada ide-ide siswa, yaitu dalam membentuk gambaran sendiri bekerja atas topik-topik yang relevan dan minar siswa yang seimbang dengan pengalaman siswa sehari-hari.
  2. Kondisi. Maksudnya adalah kondisi untuk mendorong siswa mandiri, yaitu dalam mengelola tugas dan waktu belajar. Sehingga dalam belajar siswa mencari sumber informasi secara mandiri dari berbagai referensi seperti buku, jurnal, maupun internet.
  3. Aktivitas. Adalah suatu strategi yang efektif dan menarik, yaitu dalam mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dan memecahkan masalah menggunakan kecakapan. Aktivitas juga merupakan bangunan dalam menggagas pengetahuan siswa dalam mentransfer dan menyimpan informasi dengan mudah.
  4. Hasil. Hasil disini adalah penerapan hasil yang produktif dalam membantu siswa mengembankan kecakapan belajar dan mengintegrasikan dalam belajar yang sempurna, termasuk strategi dan kemampuan untuk menggunakan kognitif strategi pemecahan masalah. Juga termasuk kecakapan terentu, disposisi, sikap, dan kepercayaan yangdihubungkan dengan pekerjaan produktif, sehingga scara efektif dapat menyempurnakan tujuan yang sulit untuk dicapai dengan model pengajaran yang lain.

 

Karakteristik Project Based Learning

 



 

Lihat juga Kelemahan Model Pembelajaran Project Based Learning

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Pendidikan