Jenis Rasio Keuangan

Jenis Rasio Keuangan

Untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan dengan menggunakan rasio-rasio keuangan dapat dilakukan dengan beberapa jenis rasio keuangan. Setiap rasio keuangan memiliki tujuan, kegunaan, dan arti tertentu. Kemudian setiap hasil dari rasio yang diukur diinterpretasikan sehingga menjadi berarti bagi pengambilan keputusan.

 

jelaskan jenis-jenis rasio keuangan menurut pendapat ahli,jenis rasio keuangan menurut kasmir 2016, jenis rasio keuangan menurut para ahli, jenis rasio keuangan bank, jenis rasio keuangan menurut kasmir, jenis rasio keuangan dan penjelasannya, jenis rasio keuangan dan rumusnya, jenis rasio keuangan dan contohnya, jenis rasio keuangan menurut ahli, jenis rasio keuangan bank menurut para ahli, jenis jenis rasio keuangan, jenis jenis rasio keuangan menurut para ahli, 5 jenis rasio keuangan, jenis jenis rasio keuangan bank, jenis jenis rasio keuangan menurut kasmir 2012, 6 jenis rasio keuangan, 4 jenis rasio keuangan, jelaskan jenis-jenis rasio keuangan menurut pendapat ahli, jurnal jenis jenis rasio keuangan, sebutkan dan jelaskan 5 jenis rasio keuangan, jenis analisis rasio keuangan, jenis analisa rasio keuangan, jenis-jenis analisa rasio keuangan adalah kecuali, jenis-jenis analisis rasio keuangan menurut para ahli, jenis jenis rasio keuangan syariah, jenis jenis rasio keuangan menurut kasmir 2015, jenis rasio keuangan menurut kasmir 2016, jenis rasio keuangan menurut para ahli, jenis rasio keuangan bank, jenis rasio keuangan menurut kasmir, jenis rasio keuangan dan penjelasannya, jenis rasio keuangan dan rumusnya, jenis rasio keuangan dan contohnya, jenis rasio keuangan menurut ahli, jenis rasio keuangan bank menurut para ahli, jenis jenis rasio keuangan, jenis jenis rasio keuangan menurut para ahli, 5 jenis rasio keuangan, jenis jenis rasio keuangan bank, jenis jenis rasio keuangan menurut kasmir 2012, 6 jenis rasio keuangan. 4 jenis rasio keuangan, jelaskan jenis-jenis rasio keuangan menurut pendapat ahli, jurnal jenis jenis rasio keuangan, sebutkan dan jelaskan 5 jenis rasio keuangan, jenis analisis rasio keuangan, jenis analisa rasio keuangan, jenis-jenis analisa rasio keuangan adalah kecuali, jenis-jenis analisis rasio keuangan menurut para ahli, jenis jenis rasio keuangan syariah, jenis jenis rasio keuangan menurut kasmir 2015

Jenis Rasio Keuangan Menurut Pendapat Para Ahli

Jenis rasio keuangan menurut Kasmir (2014:106) :

  1. Rasio Likuiditas (Liquiditiy Ratio)
  2. Rasio Solvabilitas (Leverage Ratio)
  3. Rasio Aktivitas (Activity Ratio)
  4. Rasio Rentabilitas/profitabilitas (Profitability Ratio)
  5. Rasio Pertumbuhan (Growth Ratio) 6. Rasio penilaian (Valuation Ratio)

Dari uraian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis rasio keuangan adalah rasio likuiditas yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban (utang) jangka pendek, rasio solvabilitas untuk mengukur sejauh mana aktiva perusahaan dibiayai oleh utang, rasio aktivitas digunakan untuk mengetahui tingkat efisiensi pemanfaatan sumber daya, rasio pertumbuhan menggambarkan kemampuan perusahaan mempertahankan posisi ekonomi, rasio penilaian memberikan ukuran kemampuan manajemen menciptakan nilai pasar usahanya diatas biaya investasi.

 

Jenis rasio keuangan menurut Harahap (2010:301) :

  1. Rasio Likuiditas
    Menggambarkan kemampuan perusahaan untuk menyelesaikan kewajiban jangka pendeknya.
  2. Rasio Solvabilitas
    Menggambarkankemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka panjangnya atau kewajiban-kewajibannya apabila perusahaan dilikuidasi
  3. Rasio Rentabilitas/Profitabilitas
    Menggambarkan kemampuan perusahaan mendapatkan laba melalui semua kemampuan dan sumber yang ada
  4. Rasio Laverage
    Menggambarkan hubungan antara utang perusahaan terhadap modal maupun aset. Rasio ini dapat melihat seberapa jauh perusahaan dibiayai oleh utang atau pihak luar dengan kemampuan perusahaan yang digambarkan oleh modal.
  5. Rasio Aktivitas
    Menggambarkan aktivitas yang dilakukan perusahaan dalam menjalankan operasinya baik dalam kegiatan penjualan, pembelian dan kegiatan lainnya.
  6. Rasio Pertumbuhan (Growth)
    Menggambarkan persentase pertumbuhan pos-pos perusahaan dari tahun ke tahun.
  7. Penilalian Pasar (Market Based Ratio)
    Rasio ini merupakan rasio yang lazim dan yang khusus dipergunakan di pasar modal yang menggambarkan situasi/keadaan prestasi perusahaan di pasar modal.
  8. Rasio Produktivitas
    Rasio ini menunjukkan tingkat produktivitas dari unit atau kegiatan yang dinilai, misalnya rasio karyawan atas penjualan, rasio biaya per karyawan.

 

Dari beberapa pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa dalam ekonomi berbagai jenis rasio keuangan yang berbeda-beda sesuai dengan kegunaannya masing-masing dan jenis perusahaannya. Berdasarkan penelitian penulis akan meneliti tiga jenis rasio dari lima jenis rasio, yaitu rentabilitas atau profitabilitas, likuiditas, dan nilai pasar pada perusahaan property dan realestate.

 

 





by Maket Creator

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Akuntansi