Indikator Minat Niat Beli Ulang Menurut Para Ahli

Indikator Minat Niat Beli Ulang Menurut Para Ahli

Kotler dan Keller (2009:53) menyatakan minat beli ulang adalah kenginan dan tindakan konsumen untuk membeli ulang suatu produk, karena adanya kepuasan yang diterima sesuai yang dinginkan dari suatu produk. Pembelian ulang menurut Pamenang dan Susanto (2016) adalah kegiatan pembelian yang dilakukan lebih dari satu kali atau beberapa kali. Kepuasan yang diperoleh seorang konsumen, dapat mendorong seseorang untuk melakukan pembelian ulang, menjadi loyal terhadap produk tersebut ataupun loyal terhadap toko tempat dia membeli barang tersebut sehingga konsumen dapat menceritakan hal-hal yang baik kepada orang lain (Prastyaningsih, 2014).



Pada umumnya, niat beli ulang merupakan minat pembelian yang didasarkan atas pengalaman pembelian yang telah dilakukan dimasa lalu. Minat beli ulang yang tinggi mencerminkan tingkat kepuasan yang tinggi dari konsumen ketika memutuskan untuk mengadopsi suatu produk (Kotler dan Keller, 2009:81). Berikut ini merupakan indikator minat beli ulang menurut para ahli.



Indikator Minat Niat Beli Ulang Menurut Para Ahli

  • Menurut Ferdinand (2002) dalam aditya, minat beli ulang dapat diidentifikasikan melalui indikator-indikator sebagai berikut :
    1. Minat transaksional
      Yaitu kecenderungan seseorang untuk membeli ulang produk yang telah dikonsumsinya.
    2. Minat referensial
      Yaitu kecenderungan seseorang untuk mereferensikan produk yang sudah dibelinya, agar juga dibeli orang lain dengan referensi pengalaman konsumsinya.
    3. Minat prefensial
      Yaitu minat yang mmenggambarkan perilaku seseorang yang selalu memiliki preferensi utama pada produk yang telah dikonsumsinya, preferensi ini hanya dapat diganti bila terjadi sesuatu dengan produk referensinya.
    4. Minat eksploratif
      Yaitu minat yang menggambarkan perilaku seseorang yang selalu mencari informasi mengenai produk yang diminatinya dan mencari informasi untuk mendukung sifat-sifat positif dari produk yang ditanganinya.
    5. Minat dalam pandangan Islam
      Dalam Islam pembahasan tentang minat juga merupakan hal yang penting karena itu juga termasuk salah satu dari niat seseorang.Jika kita memiliki minat yang besar terhadap sesuatu namun tidak melakukan upaya untuk meraih, mendapatkan atau memilikinya maka minat itu tidak ada gunanya.Karena pada dasarnya jika kita menaruh minat pada sesuatu, maka berarti kita menyambut baik dari sikap positif dalam berhubungan dengan objek atau lingkungan tersebut.



  • Hasan (2013) menyatakan bahwa minat beli ulang dapat diidentifikasi melalui indikator sebagai berikut :
    1. Minat transaksional: yaitu kecenderungan seseorang untuk membeli produk.
    2. Minat referensial: yaitu kecenderungan seseorang untuk mereferensikan kepada orang lain.
    3. Minat preferensial: yaitu minat yang menggambarkan perilaku seseorang yang memiliki preferensi utama pada produk, preferensi ini hanya dapat diganti bila terjadi sesuatu dengan produk preferensinya
    4. Minat eksploratif: minat ini menggambarkan perilaku seseorang yang selalu mencari informasi mengenai produk yang diminatinya dan mencari informasi untuk mendukung sifat-sifat positif dari produk yang sama.

 

 

 

Pembahasan lainnya :

  1. Fungsi Asosiasi Merek
  2. Dimensi Persepsi Nilai
  3. Dimensi Persepsi Kualitas Produk
  4. Pengertian Harga Menurut Para Ahli
  5. Komponen Citra Merek Menurut Ahli
  6. Dimensi Asosiasi Merek dan Contohnya
  7. Dimensi Ekuitas Merek Menurut AAKER
  8. Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
  9. Definisi Niat Beli Ulang Menurut Para Ahli
  10. Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
  11. Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
  12. Indikator Loyalitas Merek Manurut Para Ahli
  13. Pengertian Asosiasi Merek Menurut Para Ahli
  14. Teori Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli
  15. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
  16. Konsep Nilai Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan
  17. Pengertian Kepercayaan Merek Menurut Para Ahli
  18. Unsur Utama Berdasarkan Pembagian Ekuitas Merk
  19. Manfaat Ekuitas Merek Bagi Perusahaan & Konsumen

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran