Tugas Pokok Sistem Informasi Akuntansi

Tugas Pokok Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi akuntansi adalah kumpulan sumber daya yang terorganisir dan memiliki fungsi dalam mengolah dan menjadi informasi yang berguna sebagai dasar dalam pengambilan keputusan bagi berbagai pihak. Dalam rangka menunjang kinerja perusahaan, Sistem Informasi Akuntansi melakukan beberapa tugas pokok yang di kemukakan oleh Hall (2001 : 145) yaitu..

Tugas Pokok Sistem Informasi Akuntansi

    1. Pengumpulan Data Dalam pengumpulan data tugas sistem informasi akuntansi meliputi penangkapan data yaitu menarik data kedalam sistem, pencatatan data yang telah ditangkap kedalam formulir, kemudian di pindahkan ketempat pemrosesan data yang telah disediakan.
    2. Pemrosesan Data Data yang telah dikumpulkan atau dikelompokan pada kategori yang ada, kemudian diikhtisarkan dan dilakukan perhitungan serta perbandingan. Data yang telah dikumpulkan tadi akan disimpan di dalam komputer. Untuk langkah pengamanannya data tersebut perlu diotorisasikan dan menggunakan password agar hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membuka file tersebut.
    3. Pemanajemen Data Pemanajemen data melibatkan tugas-tugas fundamental, yaitu : penyimpanan, pengambilan dan penghapusan. Tugas penyimpanan menentukan kunci-kunci Record yang baru dan menyimpannya kedalam database.
    4. Pengadaan Informasi Merupakan proses mengumpulkan, mengatur, memformat dan menyajikan informasi bagi para pemakai informasi.




 

Semua tugas tersebut merupakan suatu rangkaian kegiatan yang memerlukan kerjasama yang baik. Masing-masing tugas mempunyai tanggungjawab yang harus menghasilkan kinerja yang diharapkan dapat mencapai tujuan perusahaan

 

Baca juga Tujuan sistem informasi akuntansi menurut wilkinson 



tag #
tugas pokok sistem informasi akuntansi
5 fungsi utama sistem informasi akuntansi
sebutkan fungsi utama sistem informasi akuntansi ( sia ) dalam sebuah perusahaan
fungsi sistem informasi akuntansi adalah
fungsi sistem informasi akuntansi bagi perusahaan
fungsi utama sistem informasi akuntansi
fungsi dasar sistem informasi akuntansi
fungsi sistem informasi akuntansi dalam bisnis

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Akuntansi