Dokumen Yang Diperlukan Dalam Kegiatan Ekspor

Dokumen Yang Diperlukan Dalam Kegiatan Ekspor

Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean Indonesia, sedangkan yang dimaksud dengan eksportir adalah perusahaan atau perorangan yang melakukan kegiatan ekspor ( Makalah PPEI, 2004 ). Dimana wilayah Republik Indonesia yang meliputi wilayah darat, laut dan udara serta tempat-tempat tertentu di ZEE (Zona Economy Exclusive). Dengan kata lain pengertian ekspor adalah suatu kegiatan perdagangan antara negara satu dengan negara lain, dengan mengeluarkan barang dari wilayah pabean berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

 

contoh dokumen ekspor impor,,contoh dokumen ekspor impor pdf, dokumen yang diperlukan dalam kegiatan ekspor, dokumen yang diperlukan dalam kegiatan ekspor dan impor, identifikasikan dokumen yang diperlukan dalam kegiatan ekspor, contoh dokumen ekspor impor, materi dokumen perdagangan dalam dan luar negeri, istilah dalam dokumen ekspor impor, dokumen yang tidak dibutuhkan dalam prosedur ekspor impor adalah, pengertian dokumen perdagangan dalam dan luar negeri, sebutkan dokumen dokumen penunjang yang digunakan dalam perdagangan, contoh dokumen ekspor impor pdf, sebutkan dan jelaskan syarat kelengkapan dokumen ekspor impor, jelaskan pengertian commercial invoice, contoh dokumen ekspor impor, sebutkan 7 jenis pemasaran ekspor, surat menyurat ekspor impor, syarat syarat dokumen, dokumen asuransi ekspor impor, contoh dokumen ekspor impor pdf, prosedur dan dokumen ekspor, contoh surat ekspor impor, sertifikat export import, perbedaan bill of lading dan airway bill, makalah dokumen ekspor impor, alur dokumen ekspor, fungsi certificate of quality, wesel ekspor adalah, jelaskan alat-alat pembayaran ekspor, yang merupakan dokumen induk adalah, jelaskan mengenai invoice ?, apa saja kegunaan dari bill of lading, yang dimaksud dengan dokumen data adalah, contoh dokumen packing list, contoh dokumen peb yang sudah terisi, dokumen export apa saja, contoh surat izin ekspor, cara menjadi eksportir pemula, syarat ekspor barang, syarat menjadi importir, prosedur ekspor impor pdf, contoh eksportir, jelaskan pengertian commercial invoice, contoh dokumen ekspor impor, sebutkan 7 jenis pemasaran ekspor, surat menyurat ekspor impor, syarat syarat dokumen, dokumen asuransi ekspor impor, contoh dokumen ekspor impor pdf, prosedur dan dokumen ekspor, contoh surat ekspor impor, sertifikat export import perbedaan bill of lading dan airway bill, makalah dokumen ekspor impor, alur dokumen ekspor, fungsi certificate of quality, wesel ekspor adalah, jelaskan alat-alat pembayaran ekspor, yang merupakan dokumen induk adalah, dokumen export apa saja,contoh surat izin ekspor, cara menjadi eksportir pemula, syarat ekspor barang, syarat menjadi importir, prosedur ekspor impor pdf, contoh eksportir

Sebelum melakukan kegiatan ekspor, ada beberapa prosedur atau peraturan yang harus diperhatikan. Salah satu hal yang harus diperhatikan mengenai kelengkapan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen adalah salah satu hal yang paling penting untuk dipersiapkan. Berikut beberapa contoh dokumen yang yang diperlukan dalam kegiatan ekspor.

Contoh Dokumen Yang Diperlukan Dalam Kegiatan Ekspor :

  1. Shipping Instruction
    Shipping Instruction (SI) adalah dokumen untuk boking kapal dan juga untuk memesan container. Dokumen ini ditujukan kepada pihak Shipping Company. Informasi yang harus termuat dalam SI adalah semua data yang diperlukan untuk pembuatan Bill of Lading (B/L).
  2. PE (Persetujuan Ekspor)
    PE adalah dokumen ekspor yang dikeluarkan oleh Bea Cukai yang menyatakan bahwa komoditi tersebut siap untuk diekspor dan tidak ada masalah.
  3. PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang)
    PEB adalah dokumen ekspor berupa Pemberitahuan Ekspor Barang yang harus disiapkan oleh eksportir.
  4. EIR (Equipment Interchange Receipt)
    EIR adalah surat bukti telah mengambil container kosong di tempat penumpukan/depo.
  5. Berita acara penyegelan, yaitu sebagai bukti bahwa container telah diperiksa dan disegel oleh petugas.
  6. Surat pengantar izin stack, yaitu surat pengantar untuk memuat muatan di atas kapal.
  7. Warkat Dana, yaitu perincian perhitungan pembayaran jaminan jasa TPKS untuk biaya penumpukan container.
  8. Bill of Lading (B/L) B/L adalah suatu tanda terima penyerahan barang yang dikeluarkan oleh perusahaan pelayaran sebagai tanda bukti pemilikan atas barang yang telah dimuat di atas kapal laut oleh eksportir untuk diserahkan kepada importir.
  9. Packing List Packing List adalah dokumen ekspor yang memuat daftar informasi mengenai barang yang akan dikirim ke importir di luar negeri.
  10. Invoice Invoice adalah dokumen ekspor mengenai nilai barang yang akan diekspor.
  11. Certificate of Origin (COO) / Surat Keterangan Asal (SKA) SKA/COO adalah surat keterangan asal barang yang di ekspor. Dikeluarkan oleh Departemen Perdagangan.

 

 

 

 

 




by Maket Creator

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Manajemen Logistik