Yang Dimaksud Dengan Flowchart

Yang Dimaksud Dengan Flowchart

Apa Yang Dimaksud Dengan Flowchart..?

Berikut Pengertian Flowchart dan Contoh Fungsinya

  • Flowchart adalah suatu bagan yang berisi simbol simbol dan digunakan untuk menggambarkan proses proses dalam suatu program
  • Flowchart merupakan gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma pada sebuah program atau prosedur sistem secara logika, yang mengungkapkan suatu problem.
  • flowchart merupakan gambaran yang dibuat dalam bentuk sebuah grafik dimana isinya merupakan langkah-langkah program yang dibuat berdasarkan urutan dari prosedur program itu sendiri.
  • Flowchart adalah sebuah bagan yang dibuat untuk menunjukan alir, arus, atau flow dalam sebuah program dengan menggunakan prosedur yang sistematis dan berlaku secara logis.
  • Flowchart atau bagan alir adalah sebuah sebuah teknik analitis untuk menjelaskan aspek-aspek dari urutan suatu sistem informasi, dimana aspek yang dijelaskan dalam flowchart itu haruslah bersifat tepat, logis, serta jelas.

 



 

Fungsi Flowchart

Berikut Beberapa Alasan Seseorang Menggunakan Flowchart

1.      Digunakan untuk Merancang Proyek Baru

Flowchart bisa digunakan untuk merancang sebuah proyek yang akan dibuat.  Yaitu dengan cara memetakan proyek tersebut ke dalam bentuk diagram alir agar lebih mudah dipahami dan membantu menyusun langkah untuk mewujudkan proyek tersebut.

2.      Mendokumentasi Proses Kerja Sebuah Program

Selain itu flowchart juga memiliki fungsi sebagai dokumentasi sebuah proses kerja dari proses pembuatan program tertentu. Mendokumentasi itu sangat penting dalam pembuatan sebuah program yang dimana nanti bisa dijadikan referensi dalam pembuatan program selanjutnya.

3.      Mengelola Alur Kerja

Maksud dari pengelolaan ini adalah untuk menciptakan program yang berkualitas dengan mempertimbangkan integritas prosedur yang dibuat dalam pengerjaan program itu sendiri.

4.      Membantu Merepresentasikan Algoritma

Algoritma sangat penting dalam proses pembuatan sebuah program. Itu dikarenakan program memerlukan flowchart dalam pembuatannya. Dan ini disebabkan karena flowchart dapat memenuhi kebutuhan representasi algoritma program yang direncanakan tersebut.

5.      Mengaudit Proses Kerja

Adapun fungsi lain dari algoritma, yaitu sebagai pengaudit dari proses kerja. Dan karena flowchart itu berbentuk diagram yang diuraikan, maka dari itu apabila sebuah program mengalami kesalahan, akan mudah mendeteksi dari mana sumber kerusakan program tersebut.

 

 

 




by Maket Creator

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Sistem Informasi