Strategi pemasaran banyak berkaitan dengan komunikasi. Periklanan merupakan salah satu bentuk khusus komunikasi untuk memenuhi fungsi pemasaran. Untuk dapat menjalankan fungsi pemasaran, maka apa yang harus dilakukan dalam kegiatan periklanan tentu saja harus lebih dari sekedar memberikan informasi kepada khalayak. Periklanan harus mampu membujuk khalayak ramai agar perilaku sedemikian rupa sesuai dengan strategi pemasaran perusahaan untuk mencetak penjualan dan keuntungan. Periklanan harus mampu mengarahkan konsumen membeli produk-produk yang oleh departemen pemasaran telah dirancang sedemikian rupa, sehingga diyakini dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan pembeli. Singkatnya, periklanan harus dapat mempengaruhi pemilihan dan keputusan pembeli.
Pada dasarnya tujuan periklanan adalah mengubah atau mempengaruhi sikap-sikap khalayak, dalam hal ini tentunya adalah sikap-sikap konsumen. Tujuan periklanan komersial adalah membujuk khalayak untuk membeli produk yang diiklankan, bukan produk pesaing lain, atau mempromosikan kelanjutan perilaku membeli produk yang diiklankan untuk seterusnya.
Menurut Tjiptono dalam Sandy dkk (2014:3) adalah iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling banyak digunakan perusahaan dalam mempromosikan produknya, paling tidak ini bisa dilihat dari besarnya anggaran belanja iklan yang dikeluarkan setiap perusahaan untuk merek-merek yang dihasilkan.
Tujuan Periklanan Menurut Para Ahli :
- Tujuan periklanan menurut Kotler dan Armstrong (2008 :151), dalam buku prinsip-prinsip pemasaran adalah tugas komunikasi spesifik yang dicapai dengan pemirsa sasaran tertentu selama periode waktu tertentu, dan selanjutnya akan dijelaskan fungsi-fungsi dari periklanan.
- Tujuan periklanan menurut Lupiyoadi (2014: 178) :
-
- Iklan yang bersifat memberikan informasi (informative advertising). Iklan yang secara panjang lebar menerangkan barang dan jasa dalam tahap rintisan (pekenalan) guna menciptakan permintaan atas produk tersebut.
- Iklan membujuk (persuasive advertising). Iklan menjadi penting dalam situasi persaingan, di mana sasaran perusahaan adalah menciptakan permintaan yang selektif akan merek tertentu.
- Iklan pengingat (reminder advertising). Iklan ini akan sangat penting dalam tahap kedewasaan (maturity) sautu produk untuk menjaga agar konsumen selalu ingat akan produk tersebut.
- Iklan pemantapan (reinforcement advertising). Iklan yang berusaha meyakinkan para pembeli bahwa mereka telah mengambil pilihan yang tepat.
Pembahasan terkait lainnya :
- Tujuan Pemasaran Langsung
- Pengertian Penjualan Pribadi
- Manfaat Pemasaran Langsung
- Karakteristik Iklan Media Cetak
- Proses Kegiatan Personal Selling
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- Pengertian Pemasaran Langsung
- Contoh Media Pemasaran Langsung
- Pengertian Periklanan Menurut Ahli
- Bentuk Bentuk Pemasaran Langsung
- Tujuan Periklanan Menurut Para Ahli
- Periklanan Sebagai Proses Komunikasi
- Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli
- Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Faktor Faktor Pemilihan Media Periklanan
- Fungsi-Fungsi Periklanan Beserta Contohnya
- Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Penjualan