Tujuan Pemberian Diskon, Tujuan Adanya Diskon

Tujuan Pemberian Diskon, Tujuan Adanya Diskon

Diskon adalah potongan harga yang sering digunakan perusahaan untuk meningkatkan jumlah penjualan dan hasil penerimaan penjualan serta share pasar perusahaan dengan memberikan potongan harga kepada pembeli yang membeli dalam jumlah besar atau kepada pembeli yang membayar dengan tunai.31 Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa diskon adalah strategi mengurangi harga atau daftar harga untuk memberikan penghargaan atas penjualan barang atau kepada pelanggan yang memberikan tanggapan seperti membayar lebih awal produk atau mempromosikan produk.



Tujuan Pemberian Diskon

Tujuan diadakannya diskon atau potongan menurut Nitisemito yang dikutip oleh Arif Isnaini adalah :

  1. Mendorong pembeli untuk membeli dalam jumlah yang besar sehingga volume penjualan diharapkan akan bisa naik.
    Pemberian potongan harga akan berdampak pada konsumen, terutama dalam pola pembelian konsumen yang akhirnya juga berdampak terhadap volume penjualan yang diperoleh perusahaan.
  2. Pembelian dapat dipusatkan perhatiannya pada penjual tersebut, sehingga hal ini dapat menambah atau mempertahankan langganan penjual yang bersangkutan.
  3. Merupakan sale service yang dapat menarik terjadinya transaksi pembelian.

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 

 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran