Tujuan Evaluasi Menurut Para Ahli
- Worten dan Sanders (dalam Yusuf 2008:2-3) mengemukakan bahwa dalam ranah pendidikan evaluasi memiliki peranan yang penting antara lain memberikan informasi yang dipakai sebagai dasar untuk :
-
- Membuat kebijaksanaan dan keputusan.
- Menilai hasil yang dicapai para pelajar.
- Menilai kurikulum.
- Memberi kepercayaan kepada sekolah.
- Memonitor dana yang telah diberikan.
- Memperbaiki materi dan program pendidikan.
- Evaluasi dilakukan untuk mencapai suatu tujuan sesuai dengan objek evaluasinya. Menurut Wirawan (2012: 22-23) yang ditulis dalam buku nya ada beberapa tujuan evaluasi, yaitu :
-
- Mengukur pengaruh program terhadap masyarakat.
- Menilai apakah program telah dilaksanakan sesuai dengan rencana.
- Mengukur apakah pelaksanaan program sesuai dengan standar.
- Evaluasi program dapat mengidentifikasi dan menemukan mana dimensi program yang jalan, mana yang tidak berjalan.
- Pengembangan staf program.
- Memenuhi ketentuan undang-undang.
- Akreditasi program.
- Mengukur cost effectiveness dan cost-efficiency.
- Mengambil keputusan mengenai program.
- Akuntabilitas.
- Memberikan balikan kepada pimpinan dan staf program.
- Mengembangkan teori ilmu evaluasi.
Pembahasan lainnya :
- Jenis Evaluasi Pembelajaran
- Metode Evaluasi Kelompok Adalah
- Fungsi Evaluasi Pembelajaran Adalah
- Teknik Evaluasi Pembelajaran Adalah
- Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Terbaru
- Tujuan Evaluasi Pembelajaran Menurut Para Ahli
–
2 thoughts on “Tujuan Evaluasi Menurut Para Ahli”
Comments are closed.