Tingkatan Loyalitas Merek

Tingkatan Loyalitas Merek

Dalam kaitanya dengan loyalitas merek suatu produk. Terdapat beberapa tingkatan loyalitas. Masing-masing tingkatannya menunjukan tantangan pemasaran yang harus dihadapi sekaligus asset yang dimanfaatkan. Menurut Durianto, Sugiarto, Sitinjak (2010:128) beberapa tingkatan loyalitas merek diantaranya seperti..



Tingkatan Loyalitas Merek

  1. Switcher (berpindah-pindah)
    Pelanggan yang berbeda pada tingkat loyalitas ini akan dikatakan sebagai pelanggan yang berada pada tingkat paling dasar. Pada tingkatan ini merek apapun mereka anggap memadai serta memegang peranan yang sangat kecil dalam keputusan pembelian.
  2. Habitual Buyer (pembeli yang bersifat kebiasaan)
    Pembeli yang berada pada tingkatan ini akan dikatakan sebagai pembeli yang puas dengan merek produk yang dikonsumsinya atau setidaknya mereka ketidakpuasan dalam mengkonsumsi merek produk tersebut. Pada tingkatan ini pada dasarnya tidak didapati alasan yang cukup untuk menciptakan keinginan untuk membeli merek produk yang lain atau berpindah merek terutama jika peralihan tersebut memerlukan usaha, biaya maupun pengorbanan lain.
  3. Satisfied Buyer (pembeli yang puas dengan biaya peralihan)
    Pada tingkatan ini pembeli merek masuk kepada tingkatan puas bila mereka mengkonsumsi merek tersebut, meskipun demikian mungkin saja mereka memindahkan pembeliannya ke merek lain dengan menanggung switching cost (biaya peralihan) yang terkait dengan waktu, uang, atau risiko kinerja yang melekat dengan tindakan mereka beralih merek. Untuk menarik minat para pembeli yang masuk dalam tingkat loyalitas ini maka para pesaing perlu mengatasi biaya peralihan yang harus ditanggung para pembeli yang masuk dalam kategori ini dengan menawarkan berbagai manfaat yang cukup besar konpensasinnya.



  4. Like the brand (menyukai merek)
    Pembeli yang masuk dalam kategori loyalitas ini merupakan pembeli yang sungguh-sungguh menyukai merek tersebut. Pada tingkatan ini dijumpai perasaan emosional yang terkait pada merek. Rasa suka pembeli bisa saja didasari oleh asosiasi yang terkait dengan simbol, rangkaian pengalaman dalam penggunaan sebelumnya baik dalam pribadi maupun oleh kerabatnya ataupun disebabkan oleh persepsi merek yang tinggi. Meskipun demikian seringkali rasa suka ini merupakan suatu perasaan yang sulit diidentifikasi dan ditelusuri dengan cermat untuk dikategorikan kedalam suatu yang spesifik.
  5. Commited buyer (pembeli yang komit)
    Pada tahapan ini pembeli merupakan pelanggan yang setia, mereka memiliki suatu kebanggan sebagai pengguna merek dan bahkan merek tersebut menjadi sangat penting bagi mereka dan dipandang dari segi fungsinya menunjukan ekspresi mengenai siapa sebenarnya mereka. Pada tingkatan ini, salah satu aktualiasi loyalitas pembeli ditunjukan oleh tindakan merekomendasikan serta mempromosikan merek tersebut ke pihak lain.

 

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

Pembahasan lainnya : 

  1. Elemen Brand Identity
  2. Fungsi Loyalitas Merek
  3. Pengukuran Brand Image
  4. 6 Tingkat Pengertian Merek
  5. Manfaat dari Atribut Produk
  6. Tahapan Loyalitas Pelanggan
  7. Alternatif Strategi Pemasaran
  8. Pengertian Kepercayaan Merek
  9. Manfaat-Manfaat Loyalitas Merek
  10. Strategi Pemasaran Produk Adalah
  11. Indikator-Indikator Kualitas Produk
  12. Pengertian Merek Menurut Para Ahli
  13. Tujuan Kualitas Produk Menurut Ahli
  14. Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli
  15. Alasan Memproduksi Produk Berkualitas
  16. Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin
  17. Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
  18. Tingkatan Produk Ada Lima Menurut Ahli
  19. Faktor Faktor Pembentuk Identitas Merek
  20. Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
  21. Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
  22. Faktor Yang Mempengaruhi Brand Loyalty
  23. Manfaat Penggunaan Merek Bagi Produsen
  24. Indikator Brand Loyalty Menurut Para Ahli
  25. Pengertian Brand Image Menurut Para Ahli
  26. Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
  27. Unsur-Unsur Kualitas Produk dan Contohnya
  28. Pengertian Brand Identity Menurut Para Ahli
  29. Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Trust
  30. Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  31. Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan
  32. Pengertian Loyalitas Merek Menurut Para Ahli
  33. Hubungan Brand Trust dengan Brand Loyalty
  34. Hubungan Brand Image dengan Brand Loyalty
  35. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Brand Trus
  36. Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
  37. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
  38. Pengertian Kepercayaan Merek Menurut Para Ahli
  39. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk
  40. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek
  41. Cara Membangun Kepercayaan Konsumen Pelanggan
  42. Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Terhadap Merek

tin

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran