“Saluran pemasaran (marketing channels) adalah sekelompok organisasi yang saling bergantung dan terlihat dalam proses pembuatan produk atau jasa yang disediakan untuk digunakan atau dikonsumsi”. Menurut Kotler dan Keller (2009:113), tingkat saluran pemasaran terbagi atas beberapa macam, yaitu :
Tingkat Saluran Pemasaran Konsumen
- Tingkat 0 (Zero Level Channel)
Yaitu penjualan yang disebut juga saluran pemasaran langsung/direct marketing channel terdiri dari produsen yang menjual langsung ke pelanggan akhir. - Tingkat 1 (One Level Channel)
Yaitu penjualan yang mengandung satu perantara penjualan, seperti pengecer. - Tingkat 2 (Two Level Channel)
Yaitu penjualan yang mengandung dua perantara, dalam pasar konsumen perantara ini biasanya pedagang grosir dan pengecer. - Tingkat 3 (Three Level Channel)
Yaitu penjualan yang mempunyai tiga perantara, yaitu perdagangan besar atau grosir, pemborong dan pengecer. Dimana perdagangan besar menjual kepada pemborong dan pemborong menjual kepada pedagang kecil.