Teori Perkembangan Bahasa Menurut Vygotsky

Teori Perkembangan Bahasa Menurut Vygotsky

Teori Perkembangan Bahasa Menurut Vygotsky

Teori Vygotsky menarik banyak perhatian karena teorinya mengandung pandangan bahwa pengetahuan dipengaruhi oleh situasi dan bersifat kolaboratif. Artinya, pengetahuan didistribusikan diantara orang dan lingkungan (Fischer dalam Santrock, 2007). Hal ini menunjukkan bahwa memperoleh pengetahuan dapat dicapai dengan baik melalui interaksi dengan orang lain dalam kegiatan bersama. Lebih lanjut, Fischer mengungkapkan pandangannya bahwa anak-anak memulai pengetahuan berpikirnya dari peran aktif dunia disekitarnya. Pengalaman sosial berperan sebagai dasar perkembangan kognitif. Keunikan dari teori Vygotsky adalah membantu kita dalam memahami beraneka macam budaya dalam pengaruhnya dengan kemampuan kognitif. Teori Vygotsky menunjukkan harapan yang besar terhadap variabel perkembangan tergantung pada masyarakat dan pengalaman budaya yang dimiliki seorang anak.



Sebagai contoh, aktivitas membaca, menulis, dan kemampuan matematika seorang anak yang sekolah pada lingkungan terpelajar akan menghasilkan kapasitas kognitif yang berbeda dengan mereka yang sekolah di lingkungan yang bukan terpelajar. Kaitannya dengan penggunaan media gambar berseri dalam meningkatkan keterampilan mengarang siswa dapat dijelaskan bahwa media tersebut dapat menjadi petunjuk atau panduan bagi siswa dalam mengembangkan imajinasinya mengenai suatu hal.

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Karakteristik Media Gambar
  2. Prinsip-Prinsip dalam Belajar
  3. Karakteristik Siswa Kelas 4 SD
  4. Pengertian Media Visual Gambar
  5. Unsur dan Prinsip Desain Busana 
  6. Jenis-Jenis Karangan dan Contohnya
  7. Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
  8. Pengertian Seni Kaligrafi dalam Islam
  9. Ciri-Ciri Kreativitas Menurut Para Ahli
  10. Kelebihan dan Kekurangan Media Visual
  11. Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli
  12. Manfaat dan Efek Bahaya Sinar Matahari
  13. Langkah Langkah Membuat Desain Busana
  14. Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli
  15. Pengertian Media Visual Menurut Para Ahli
  16. Definisi Teknologi Pendidikan Menurut AECT
  17. Teori Perkembangan Bahasa Menurut Vygotsky
  18. Pengertian Karangan Narasi Menurut Para Ahli
  19. Kelebihan dan Kekurangan Media Visual Gambar
  20. Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli
  21. Pemanfaatan Media Gambar dalam Pembelajaran
  22. Klasifikasi Hasil Belajar Menurut Benyamin Bloom
  23. Tujuan Pembelajaran IPA di SD Menurut Kurikulum
  24. Pengertian Keterampilan Menulis Menurut Para Ahli
  25. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Siswa
  26. Penggolongan Busana Pesta Menurut Enny Zuhni Khayati

 

 




How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Pendidikan