Syarat-Syarat Memilih Merek

Syarat-Syarat Memilih Merek

Merek, seberapapun kecil atau besarnya, tetap memiliki pengaruh yang kuat terhadap kelancaran penjualan. Baik atau buruknya merek tidak ditentukan dari besar atau kecilnya merek itu sendiri, namun kesan yang dapat ditimbulkan dari pemilihan merek tersebut. Sehingga, setiap perusahaan hendaknya dapat menetapkan merek yang dapat menimbulkan kesan yang positif dalam benak masyarakat. Menurut Alma (2007:150), syarat-syarat dalam memilih merek adalah sebagai berikut :



Syarat-Syarat Memilih Merek

  1. Mudah Diingat
    Dalam memilih merek, sebaiknya pilihlah merek yang mudah diingat. Baik itu dari kata-katanya maupun kombinasinya sebab dengan demikian konsumen atau calon konsumen dapat mudah mengingatnya.
  2. Menimbulkan Kesan Positif
    Dalam memberikan merek, usahakan memilih merek yang dapat menimbulkan kesan yang positif terhadap barang atau jasa yang dihasilkan. Jangan memilih merek yang dapat menimbulkan kesan negatif.
  3. Tepat Untuk Promosi
    Selain kedua syarat di atas, maka untuk pemilihan merek tersebut sebaiknya dipilih merek yang bilamana dipakai promosi sangat baik. Merek yang mudah diingat dan mampu menimbulkan kesan yang positif tentu baik bila dipakai untuk promosi. Akan tetapi, untuk promosi tersebut nama yang indah dan menarik serta gambar-gambar yang bagus juga memegang peranan penting. Jadi, untuk promosi selain merek tersebut mudah diingat dan menimbulkan kesan yang positif, usahakan agar merek tersebut enak untuk diucapkan dan indah untuk dipandang.

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran