Merek, seberapapun kecil atau besarnya, tetap memiliki pengaruh yang kuat terhadap kelancaran penjualan. Baik atau buruknya merek tidak ditentukan dari besar atau kecilnya merek itu sendiri, namun kesan yang dapat ditimbulkan dari pemilihan merek tersebut. Sehingga, setiap perusahaan hendaknya dapat menetapkan merek yang dapat menimbulkan kesan yang positif dalam benak masyarakat. Menurut Alma (2007:150), syarat-syarat dalam memilih merek adalah sebagai berikut :
Syarat-Syarat Memilih Merek
- Mudah Diingat
Dalam memilih merek, sebaiknya pilihlah merek yang mudah diingat. Baik itu dari kata-katanya maupun kombinasinya sebab dengan demikian konsumen atau calon konsumen dapat mudah mengingatnya. - Menimbulkan Kesan Positif
Dalam memberikan merek, usahakan memilih merek yang dapat menimbulkan kesan yang positif terhadap barang atau jasa yang dihasilkan. Jangan memilih merek yang dapat menimbulkan kesan negatif. - Tepat Untuk Promosi
Selain kedua syarat di atas, maka untuk pemilihan merek tersebut sebaiknya dipilih merek yang bilamana dipakai promosi sangat baik. Merek yang mudah diingat dan mampu menimbulkan kesan yang positif tentu baik bila dipakai untuk promosi. Akan tetapi, untuk promosi tersebut nama yang indah dan menarik serta gambar-gambar yang bagus juga memegang peranan penting. Jadi, untuk promosi selain merek tersebut mudah diingat dan menimbulkan kesan yang positif, usahakan agar merek tersebut enak untuk diucapkan dan indah untuk dipandang.
Pembahasan terkait lainnya :
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Tahapan Proses Keputusan Pembelian Konsumen
- Pengertian Merek Menurut UU dan Para Ahli
- Dimensi Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
- Metode Penetapan Harga Berbasis Laba
- Tujuan Penetapan Harga Menurut Ahli
- Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli
- Syarat-Syarat Memilih Merek