Salah satu cara perusahaan dalam memperkenalkan produk yang dimiliki adalah dengan menggunakan promosi. Boyd, et al (2000:65) menyatakan bahwa promosi merupakan upaya menarik konsumen dengan cara membujuk untuk menerima produk yang ditawarkan, sedangkan strategi promosi adalah suatu program terkendali dan terpadu dari metode komunikasi dan material yang dirancang untuk menghadirkan perusahaan dan produk-produknya kepada calon konsumen. Boyd, et al (2000:65) menyebutkan bahwa perusahaan mengembangkan strategi promosi melalui bauran promosi yang terdiri dari :
Strategi Promosi Dalam Pemasaran
- Iklan (advertising) adalah suatu bentuk presentasi dan promosi gagasan, produk barang dan jasa non-pribadi yang di bayar oleh sponsor tertentu.
- Penjualan perorangan (personal selling) adalah suatu proses membantu dan membujuk satu atau lebih calon konsumen untuk membeli produk barang atau jasa.
- Promosi Penjualan (sales promotion) adalah suatu kegiatan insentif yang di buat untuk mendorong pembelian atau penjualan sebuah produk. Promosi penjualan dilakukan dalam periode waktu tertentu atau dalam periode waktu yang singkat.
- Hubungan masyarakat (public relations) merupakan stimulasi permintaan yang tidak di bayar dan non-pribadi atas sebuah produk, jasa atau unit bisnis dengan menghasilkan berita-berita menarik tentang hal tersebut atau presentasi yang disukai tentang hal tersebut di media.
Bauran promosi merupakan strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam mempromosikan produknya. Mempromosikan produk kepada konsumen adalah cara perusahaan memberikan informasi mengenai produk yang dimiliki.
Pembahasan terkait lainnya :
- Jenis Jenis Iklan di Koran
- Tujuan Pemberian Diskon
- Pengertian dari Biro Iklan
- Variabel Bauran Pemasaran
- Tujuan Pemasaran Langsung
- 4P Dalam Bauran Pemasaran
- Pengertian Penjualan Pribadi
- Tujuan Promosi Menurut Ahli
- Pengertian Event Menurut Ahli
- Manfaat Pemasaran Langsung
- Bentuk-Bentuk Bauran Promosi
- Karakteristik Iklan Media Cetak
- Pengertian Diskon Menurut Ahli
- Proses Kegiatan Personal Selling
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- Strategi Perencanaan Periklanan
- Pengertian Pemasaran Langsung
- Promotion Mix Menurut Para Ahli
- Karakteristik Event Menurut Noor
- Strategi Promosi Dalam Pemasaran
- Contoh Media Pemasaran Langsung
- Pengertian Periklanan Menurut Ahli
- Bentuk Bentuk Pemasaran Langsung
- Tujuan Periklanan Menurut Para Ahli
- Periklanan Sebagai Proses Komunikasi
- Tahapan Proses Manajemen Periklanan
- Kelebihan Koran dan Kekurangan Koran
- Pengertian Sales Promotion Menurut Ahli
- Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli
- Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Faktor Faktor Pemilihan Media Periklanan
- Fungsi-Fungsi Periklanan Beserta Contohnya
- Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Penjualan