Strategi Promosi Dalam Pemasaran

Strategi Promosi Dalam Pemasaran

Salah satu cara perusahaan dalam memperkenalkan produk yang dimiliki adalah dengan menggunakan promosi. Boyd, et al (2000:65) menyatakan bahwa promosi merupakan upaya menarik konsumen dengan cara membujuk untuk menerima produk yang ditawarkan, sedangkan strategi promosi adalah suatu program terkendali dan terpadu dari metode komunikasi dan material yang dirancang untuk menghadirkan perusahaan dan produk-produknya kepada calon konsumen. Boyd, et al (2000:65) menyebutkan bahwa perusahaan mengembangkan strategi promosi melalui bauran promosi yang terdiri dari :



Strategi Promosi Dalam Pemasaran

  1. Iklan (advertising) adalah suatu bentuk presentasi dan promosi gagasan, produk barang dan jasa non-pribadi yang di bayar oleh sponsor tertentu.
  2. Penjualan perorangan (personal selling) adalah suatu proses membantu dan membujuk satu atau lebih calon konsumen untuk membeli produk barang atau jasa.
  3. Promosi Penjualan (sales promotion) adalah suatu kegiatan insentif yang di buat untuk mendorong pembelian atau penjualan sebuah produk. Promosi penjualan dilakukan dalam periode waktu tertentu atau dalam periode waktu yang singkat.
  4. Hubungan masyarakat (public relations) merupakan stimulasi permintaan yang tidak di bayar dan non-pribadi atas sebuah produk, jasa atau unit bisnis dengan menghasilkan berita-berita menarik tentang hal tersebut atau presentasi yang disukai tentang hal tersebut di media.

Bauran promosi merupakan strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam mempromosikan produknya. Mempromosikan produk kepada konsumen adalah cara perusahaan memberikan informasi mengenai produk yang dimiliki.

 

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran