Proses Keputusan Pembelian Model Lima Tahap Menurut Ahli Kotler

Proses Keputusan Pembelian Model Lima Tahap Menurut Ahli Kotler

Menurut Kotler Keller (2007: 220) Keputusan pembelian merupakan keputusan konsumen untuk membeli suatu produk setelah sebelumnya memikirkan tentang layak tidaknya membeli produk itu dengan mempertimbangkan informasi-informasi yang ia ketahui dengan realitas tentang produk itu setelah ia menyaksikannya. Menurut Fandy Tjiptono (2008: 156) Keputusan pembelian merupakan tindakan individu yang secara langsung atau tidak langsung terlibat dalam usaha memperoleh dan menggunakan suatu produk atau jasa yang dibutuhkan.



Proses Keputusan Pembelian Model Lima Tahap Menurut Ahli Kotler

Proses keputusan pembelian Menurut Kotler dan Amstrong (2008: 179) :

  1. Pengenalan masalah
    Pengenalan masalah pembeli menyadari suatu masalah atau kebutuhan. Kebutuhan dapat dipicu oleh rangsangan internal ketika salah satu kebutuhan normal seseorang-rasa lapar, haus, seks-timbul pada tingkat yang cukup tinggi sehingga menjadi dorongan. Kebutuhan juga bias dipicu oleh dorongan ekternal.
  2. Pencarian informasi
    Konsumen yang tertarik mungkin mencari lebih banyak informasi atau mungkin tidak. Jika dorongan konsumen itu kuat dan produk yang memuaskan ada di dekat konsumen itu, konsumen mungkin akan membelinya kemudian.
  3. Evaluasi Alternatif
    Evaluasi alternative yaitu bagaimana konsumen memproses informasi untuk sampai pada pilihan merek.
  4. Keputusan pembelian
    Keputusan pembelian konsumen adalah membeli merek yang disukai, tetapi dua faktor bias berada antara niat pembelian dan keputusan pembelian. 5. Perilaku pascapembelian Setelah membeli produk, konsumen akan merasa puas atau tidak puas dan terlibat dalam perilaku pasca pembelian.

 



 

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Manfaat Word Of Mouth
  2. Jenis Jenis Word Of Mouth
  3. Tujuan Promosi Menurut Tjiptono
  4. Tujuan Promosi Menurut Basu Swastha
  5. Jenis-Jenis dan Tingkatan Word Of Mouth
  6. Indikator Promosi Menurut Tjiptono 2008
  7. Dimensi Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  8. Faktor Yang Mempengaruhi Word Of Mouth
  9. Indikator Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  10. Pengertian Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  11. Karakteristik Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  12. Hubungan Word Of Mouth dengan Keputusan Pembelian
  13. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian
  14. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Promosi
  15. Alat-Alat Yang Dapat Dipergunakan Untuk Mempromosikan Produk
  16. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran