Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam dan Contohnya

Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam dan Contohnya

Prinsip-prinsip dalam Alquran dan Hadis terkait dengan ekonomi sangatlah banyak. Dari berbagai pandangan ekonomi Muslim dapat disimpulkan bahwa inti dari nilai ajaran Islam adalah tauhid, yaitu bahwa segala aktivitas manusia di dunia ini, termasuk ekonomi, hanya dalam rangka untuk ditujukan mengikuti satu kaidah hukum, yaitu hukum Allah. Dalam pelaksanaannya, nilai tauhid ini diterjemahkan dalam banyak nilai dan terdapat tiga nilai dasar yang menjadi pembeda ekonomi Islam dengan lainnya, yaitu :



Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam dan Contohnya

  1. Adil
    Secara garis besar, keadilan dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan di mana terdapat kesamaan perlakuan di mata hukum, kesamaan hak kompensasi, hak hidup secara layak, hak menikmati pembangunan dan tidak adanya pihak yang dirugikan serta adanya keseimbangan dalam setiap aspek kehidupan.
  2. Khilafah
    Nilai khilafah secara umum berarti tanggung jawab sebagai pengganti atau utusan Allah di alam semesta. Dalam makna sempit, khilafah berarti tanggung jawab manusia untuk mengelola sumber daya yang dikuasakan Allah kepadanya untuk mewujudkan maslahah yang maksimum dan mencegah kerusakan di muka bumi.
  3. Takaful
    Islam mengajarkan bahwa seluruh manusia adalah bersaudara. Sesama orang Islam adalah saudara dan belum sempurna iman seseorang sebelum ia mencintai saudaranya melebihi cintanya pada diri sendiri. Hal inilah yang mendorong manusia untuk mewujudkan hubungan yang baik di antara individu dan masyarakat melalui konsep penjaminan oleh masyarakat atau takaful.

 

 

 

Pembahasan terkait : 

  1. Fungsi Pemasaran
  2. 4 Variabel Marketing Mix
  3. Kendala Pemasaran Online
  4. Sumber Informasi Konsumen
  5. Cara Kerja Pemasaran Online
  6. Komponen Pemasaran Online
  7. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
  8. Komponen Strategi Pemasaran
  9. Keuntungan Pemasaran Online
  10. Kekurangan Pemasaran Online
  11. Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
  12. 7P Menurut Kotler dan Amstrong
  13. 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
  14. Fungsi Marketing Public Relations
  15. Strategi Marketing Public Relations
  16. Model Analisis SWOT dan Contohnya
  17. Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
  18. Pengertian Marketing Public Relations
  19. Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
  20. Indikator Pemasaran Online Menurut Ahli
  21. Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
  22. Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
  23. Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
  24. Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
  25. Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
  26. Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
  27. Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
  28. Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
  29. Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
  30. Macam-Macam Media Promosi Pemasaran Produk
  31. Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
  32. Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Strategi Pemasaran
  33. Manfaat Pemasaran Online bagi Konsumen dan Perusahaan
  34. Tahap Tahap dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen

 

 

 

 




How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran