Pengertian Penjualan Pribadi (Personal Selling)
Pengertian penjualan Pribadi (Personal Selling) adalah presentasi atau penyajian lisan dalam suatu percakapan dengan satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan agar melakukan suatu pembelian. Dalam penjualan pribadi terjadi kontak antar pribadi secara ekslusif, seseorang melakukan presentasi penjualan kepada orang atau sekelompok pembeli potensial lainya.Audiens penjualan pribadi dapat berupa pelanggan, pelanggan organisasional, atau perantara pemasaran.
Penjualan Pribadi jugamerupakan promosi yang dilakukan melalui pribadi-pribadi karyawan bank dalam melayani serta ikut memengaruhi nasabah.Dalam dunia perbankan penjualan pribadi secara umum dilakukan oleh seluruh pegwai bank, mulai dari cleaning service, satpam sampai pejabat bank.Personal selling juga dilakukan melalui merekrut tenaga-tenaga salesman dan salesgirl untuk melakukan penjualan door to door.
Pejualan secara personal selling akan memberikan beberapa keuntungan bank, yaitu antara lain :
- Bank dapat langsung bertatap muka dengan nasabah atau calon nasabah, sehingga dapat langsung menjelaskan tentang produk bank kepada nasabah secara rinci.
- Dapat memperoleh informasi langsung dari nasabah tentang kelemahan produk kita langsung dari nasabah, terutama dari keluhan yang nasabah sampaikan termasuk informasi dari nasabah tentangbank lain.
- Petugas bank dapat langsung memengaruhi nasabah dengan berbagai argument yang kita miliki. Memungkinkan hubungan terjalin akrab antara bank dengan nasabah.
- Petugas bank yang memberikan pelayanan merupakan citra bank yang diberikan kepada nasabah apabila pelayanan yang diberikan baik dan memuaskan.
- Membuat situasi seolah-olah mengharuskan nasabahmendengarkan, memperhatikan, dan menanggapi bank. Secara khusus personal selling dilakukan oleh petugas customer service atau service assistensi.
Dalam personal selling terjadi interaksi langsung, saling bertemu muka antara pembeli dengan penjual.Komunikasi yang dilakukan kedua belah pihak bersifat individual dan dua arah sehingga penjual dapat langsung memperoleh tanggapan sebagai umpan balik tentang keinginan dan kesukaan pembeli. Penyampaian berita atau percakapan yang mereka lakukan sangat fleksibel karena dapat menyesuaikan dengan situasi yang ada. Kegiatan personal selling ini tidak hanya terjadi di tempat pembeli saja, tetapi juga dapat dilakukan di tempat penjual atau toko.
Penjualan pribadi menawarkan sejumlah keunggulan.7 Pertama, sebagai satu-satunya teknik promosional yang memungkinkan umpan balik langsung yang segera, penjualan pribadi merupakan satu-satunya cara mengadaptasikan presentasi kepada masing-masing pelanggan. Hal ini khususnya penting tatkala perusahaan menjual produk yang membutuhkan pembiasaan (customization) atau mengundang setumpuk pertanyaan dari para pelanggan.Kedua, cara ini paling efektif pada saat para pelanggan ingin melihat langsung kerja produk tersebut, para wiraniaga dapat mendemonstrasikan bagaimana menggunakan produk dan menunjukkan manfaat-manfaatnya. Ketiga, penjualan pribadi merupakan satu-satunya cara mudah mewawancarai pelanggan yang membeli produk kompleks guna memastikan bahwa perusahaan menawarkan produk atau kumpulan produk yang tepat. Keempat, penjualan pribadi dapat menjadi lebih efektif untuk membujuk orang supaya melakukan pembelian.Kelima, para wiraniaga dapat berinteraksi dengan para pembeli untuk menjawab pertanyaanpertanyaan dan mengatasi keberatan, mereka dapat menarget para pembeli, dan mereka dapat memiliki kapasitas untuk mengakumulasikan pengetahuan pasar dan memberikan umpan balik.
Kelemahan terbesar pejualan pribadi adalah biayanya. Konsistensi dapat pula menjadi permasalahan dengan penjualan pribadi karena perusahaan tidak dapat memastikan bahwa setiap wiraniaga mengirimkan pesan yang sama kepada pelanggan.
Pembahasan terkait lainnya :
- Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen
- Hubungan Antara Citra Merek dengan Keputusan Pembelian
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Komponen Komponen Citra Merek Menurut Para Ahli
- Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen
- Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Bauran Promosi
- Pengertian Pemasaran Langsung Menurut Para Ahli
- Pengertian Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli
- Tahapan Proses Keputusan Pembelian Konsumen
- Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
- Pengertian Merek Menurut UU dan Para Ahli
- Faktor Yang Mempengaruhi Bauran Promosi
- Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
- Dimensi Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Konsep Konsep Pemasaran dan Contohnya
- Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
- Pengertian Bauran Promosi Menurut Ahli
- Indikator Direct Marketing Menurut Ahli
- Metode Penetapan Harga Berbasis Laba
- Pengertian Promosi Menurut Para Ahli
- Tujuan Penetapan Harga Menurut Ahli
- Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli
- Below The Line Promotion Marketing
- Contoh Media Pemasaran Langsung
- Tujuan Kegiatan Promosi Penjualan
- Fungsi Promosi Menurut Para Ahli
- Dimensi Citra Merek Menurut Ahli
- 4 Karakteristik Syariah Marketing
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- Proses Kegiatan Personal Selling
- Prinsip Pemasaran dalam Islam
- Manfaat Pemasaran Langsung
- Kelebihan Penjualan Personal
- Syarat-Syarat Memilih Merek
- Pengertian Penjualan Pribadi
- Tujuan Pemasaran Langsung
- 3 Strategi Citra Merek
# tag
pengertian penjualan pribadi dan contohnya pengertian penjualan pribadi adalah pengertian penjualan pribadi secara singkat pengertian penjualan pribadi yaitu apa pengertian penjualan pribadi pengertian dari penjualan pribadi adalah pengertian penjualan pribadi beserta contoh jelaskan tentang pengertian penjualan pribadi pengertian dari penjualan pribadi (personal selling)