Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli

Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli

Produk merupakan inti dari sebuah kegiatan pemasaran karena produk merupakan output atau hasil dari salah satu kegiatan atau aktivitas perusahaan yang dapat ditawarkan ke pasar sasaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Pada dasarnya dalam membelisuatu produk,seorang konsumen tidak hanya membeli produk, akan tetapi konsumen juga membeli manfaat atau keunggulan yang dapat diperolehdari produk yang dibelinya. Oleh karena itu, suatu produk harus memiliki keunggulan dari produk-produk yang lain, salah satunya dari segi kualitas produk yang ditawarkan.
Kualitas produk merupakan salah satu kunci persaingan diantara pelaku usaha yang ditawarkan kepada konsumen. Berikut ini merupakan pengertian kualitas produk menurutKotler dan Keller (2016:156) pengertian kualitas adalah sebagai berikut, “Quality is the totality of features andcharacteristics of a product or service that bear on its ability to satisfy stated or implied needs”.



Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli

  1. Menurut Crosby (1979), pengertian kualitas produk adalah produk yang sesuai dengan yang disyaratkan atau distandarkan. Suatu produk memiliki kualitas apabila sesuai dengan standar kualitas yang telah ditentukan. Menurut Juran (1993) kualitas produk adalah kecocokan penggunaan produk untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan.
  2. Menurut Deming (1982), Pengertian Kualitas produk adalah kesesuaian produk dengan kebutuhan pasar atau konsumen. Perusahaan harus benar-benar memahami apa yang dibutuhkan konsumen. Perusahaan harus benar-benar memahami apa yang dibutuhkan konsumen atas suatu produk yang akan dihasilkan.
  3. Menurut Felgenbaum (1986), pengertian kualitas produk adalah suatu produk yang sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen. Menurut Garvin (1988), kualitas produk adalah suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, manusia atau tenaga kerja, proses, serta lingkungan yang mematuhi atau melebihi harapan pelanggan atau konsumen.
  4. Menurut Kotler (2000:67) yang diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Rony A.Rusli mengatakan bahwa: ”Pengertian Kualitas produk adalah keseluruhan ciri dari suatu produk yang berpengaruh pada kemampuan untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan / tersirat.
  5. Menurut Handoko (2002 : 23) kualitas produk adalah suatu kondisi dari sebuah barang berdasarkan pada penilaian atas kesesuai annya dengan standar ukur yang telah ditetapkan. Semakin sesuai standar yang ditetapkan maka akan dinilai produk tersebut semakin berkualitas.
  6. Menurut Kotler (2002,p.18), “produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan dalam standar internasional”, produk adalah barang atau jasa yang berarti :
    • Hasil kegiatan atau proses (produk wujud dan terwujud, seperti jasa, program komputer, desain, petunjuk pemakaian)
    • Suatu kegiatan proses (seperti pemberian jasa atau pelaksanaan proses produksi ). Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak pada kepemilikannya tetapi pada jasa yang dapat diberikannya.
  7. Menurut Adam & Ebert (2002,p.256) yang dikutip dalam Jurnal Widya Manajemen & Akuntansi “Analisis Persepsi Konsumen terhadap kualitas Produk Keramik merek Milan di Surabaya”,Vol.3 No.2, Agustus 2003 : pp.140-159, menyatakan bahwa “Quality is the customer’s perception”. Artinya bahwa pelanggan menilai baik buruknya kualitas suatu produk itu berdasarkan persepsinya. Suatu produk dikatakan berkualitas jika memenuhi kebutuhan dan keinginan pembeli. Kualitas ditentukan oleh pelanggan dan pengalaman mereka terhadap produk dan jasa.
  8. Menurut Mc.Carty (Simamora, 2003, p.139), produk yaitu suatu tawaran dari sebuah perusahaan yang memuaskan atau memenuhi kebutuhan.
  9. Kotler dan Amstrong (2003:22) menyatakan bahwa sesuai dengan konsep produk, konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu terbaik, kinerja terbaik, dan sifat terbaik dan bahwa organisasi harus mencurahkan tenaganya untuk melakukan perbaikan produk secara terus menerus.
  10. Menurut Kotler dan Armstrong (2006, p.7), Product is anything that can be offered to a market for attention, acquisition, use, or consumption that might satisfy a want or need. Artinya bahwa produk merupakan sesuatu yang bisa ditawarkan kepasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan, atau dikonsumsi yang bias memuaskan keinginan dan kebutuhan.
  11. Menurut Laksana (2008:89) menyatakan bahwa kualitas terdiri darisejumlah keistimewahan produk yang memenuhi keinginan pelanggan dengan demikian memberikan kepuasan atas penggunaan produk.Menurut American Society For Quality Control yang dikutip oleh Kotler dan Keller yang dialih bahasakan oleh Bob Sabran (2009: 143) bahwa kualitas adalah totalitas fitur dan karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat.
  12. Menurut Kotler dan Amstrong (2010:27) mengemukakan bahwa: Kualitas produk adalah kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya, meliputi kehandalan, daya tahan, ketepatan, kemudahan operasi, dan perbaikan produk, serta atribut bernilai lainnya.

Berdasarkan teori tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas produk adalah kemampuan suatu produk dalam menjalankan fungsinya, yang merupakan suatu pengertian gabungan dari daya tahan, keandalan, ketepatan, kemudahan pemeliharaan serta atribut-atribut

by Kotler dan Amstrong (2006 : 299)

 

Pembahasan terkait : 

  1. Fungsi Pemasaran
  2. Aspek Aspek Minat Beli
  3. 4 Variabel Marketing Mix
  4. Kendala Pemasaran Online
  5. Sumber Informasi Konsumen
  6. Cara Kerja Pemasaran Online
  7. Komponen Pemasaran Online
  8. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
  9. Komponen Strategi Pemasaran
  10. Keuntungan Pemasaran Online
  11. Kekurangan Pemasaran Online
  12. Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
  13. 7P Menurut Kotler dan Amstrong
  14. Karakteristik Jasa dan Contohnya
  15. 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
  16. Fungsi Marketing Public Relations
  17. Strategi Marketing Public Relations
  18. Model Analisis SWOT dan Contohnya
  19. Indikator Promosi Menurut Para Ahli
  20. Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
  21. Pengertian Marketing Public Relations
  22. Indikator Minat Beli Menurut Para Ahli
  23. Pengertian Minat Beli Menurut Para Ahli
  24. Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
  25. Indikator Pemasaran Online Menurut Ahli
  26. Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
  27. Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
  28. Pengertian Kepercayaan Menurut Para Ahli
  29. Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
  30. Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
  31. Indikator Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  32. Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
  33. Dimensi Kualitas Pelayanan Menurut Tjiptono
  34. Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
  35. Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  36. Pengertian Penetapan Harga Menurut Para Ahli
  37. Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
  38. Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
  39. Dimensi Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli
  40. Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
  41. Macam-Macam Media Promosi Pemasaran Produk
  42. Pengertian Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli
  43. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Produk
  44. Strategi Pemasaran Untuk Menarik Calon Pelanggan
  45. Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
  46. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen
  47. Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Strategi Pemasaran
  48. Manfaat Pemasaran Online bagi Konsumen dan Perusahaan
  49. Tahap Tahap dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen

 

 

 



 

# tag

pengertian kualitas produk menurut para ahli pengertian kualitas produk menurut kotler dan amstrong 2012 pengertian kualitas produk menurut para ahli dalam buku pengertian kualitas produk menurut para ahli brainly

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran