Komunikasi pemasaran adalah bentuk pengaplikasian dari teori komunikasi secara umum. Dimana ada, message (pesan), channel (saluran pesan), dan receiver (penerima pesan). Hanya saja, dalam komunikasi pemasaran sudah jelas ditentukan , pengirim pesan (sender) ialah produsen atau perusahaan yang memasarkan produknya, sedangkan penerima pesan (receiver) adalah konsumen yang sudah ditentukan oleh produsen. Ini sepaham dengan Belch dan Belch (2000:146) yang mengatakan bahwa sender atau pengirim pesan bisa berupa perusahaan maupun orang yang ditunjuk perusahaan (spokeperson). Demikian halnya dengan konsep komunikasi pemasaran Charles Futtler dalam Fundamental of Selling (1993: 129).
Pengertian Komunikasi Pemasaran Menurut Para Ahli
- (Kotler 2000) Usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik, terutama konsumen sasaran, mengenai keberadaan suatu produk di pasar.
- Tjiptono (2001 : 219) promosi pada hakekatnya adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi , membujuk, atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
- Shimp (2003:4) Pemasaran di era 1990-an adalah komunikasi dan komunikasi adalah pemasaran. Keduanya tidak terpisahkan. Oleh karena itu, komunikasi pemasaran merupakan aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran.
- Effendi (2004:216) menjelaskan bahwa komunikasi pemasaran ialah komunikasi yang dilakukan perusahaan atau lembaga baik secara bertatap muka maupun bermedia dalam rangka meningkatkan penjualan, jasa ataupun hasil produksi.
- M. Suyanto (2007:141) Komunikasi pemasaran adalah salah satu dari empat elemen utama bauran pemasaran perusahaan.
- Rd.Soemanegara (2008:4) Kegiatan pemasaran dengan menggunakan teknik-teknik komunikasi yang ditujukan untuk memberikan informasi kepada orang banyak dengan harapan agar tujuan perusahaan tercapai, yaitu terjadinya peningkatan pendapatan (laba) sebagai hasil penambahan penggunaan jasa atau pembelian produk yang ditawarkan.
- Kennedy (2009:4) Aplikasi komunikasi yang bertujuan untuk membantu kegiatan pemasaran sebuah perusahaan.
Berdasarkan pegertian Marketing Communication (komunikasi pemasaran) yang telah dinyatakan oleh beberapa ahli diatas dapat disimpulkan bahwa semua pengertian komunikasi pemasaran memiliki tujuan sama, yaitu menyampaikan pesan tertentu kepada audiens sasaran yang sudah diidentifikasi secara jelas sehingga menimbulkan ketertarikan konsumen akan produk yang ditawarkan dan merebut awareness masyarakat terhadap kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh setiap perusahaan.
Marketing Communication (Komunikasi pemasaran) memegang peranan penting bagi pemasar. Tanpa komunikasi, konsumen maupun masyarakat secara keseluruhan tidak akan mengetahui keberadaan produk di pasar. Oleh karena itu, dalam perencanaan komunikasi pemasaran harus berhati-hati dan penuh perhitungan dalam pengelolaan dana, karena cost yang dikeluarkanpun tidak sedikit. Maka penentuan siapa saja yang menjadi sasaran komunikasi akan sangat menentukan keberhasilan komunikasi itu sendiri. Dengan penentuan sasaran yang tepat, proses komunikasi akan berjalan dengan efektif dan efisien.
Untuk itulah penyampaian komunikasi dapat tersampaikan dengan jelas kepada audiens sasaran yang sudah diidentifikasi. Menurut pendapat (Sulaksana, 2007:50), dalam mengembangkan komunikasi pemasaran yang efektif ada delapan tahap yang harus dilalui, yaitu :
- Mengidentifikasi audiens sasaran
- Menentukan tujuan komunikasi
- Merancang pesan
- Memilih saluran komunikasi
- Menetapkan total anggaran komunikasi
- Memutuskan bauran komunikasi
- Mengukur hasil komunikasi
- Mengelola proses komunikasi pemasaran terpadu
Menurut (Shimp, 2003:160-162), menyatakan bahwa seluruh usaha komunikasi pemasaran diarahkan kepada pencapaian tujuan sebagai berikut :
- Membangkitkan keinginan akan suatu kategori produk
- Menciptakan kesadaran akan merek (brand awareness)
- Mendorong sikap positif terhadap produk dan mempengaruhi niat (intention)
- Memfasilitasi pembelian
Pengertian Komunikasi Terpadu Pemasaran Menurut Para Ahli
- Komunikasi pemasaran menurut (Shimp,2003:24)
Integrated Marketing Communication (IMC) adalah proses pengembangan dan implementasi berbagai bentuk program komunikasi persuasif kepada pelanggan dan calon pelanggan secara berkelanjutan. - Komunikasi pemasaran menurut (Sulaksana,2007:28)
Komunikasi Pemasaran Tepadu, yaitu memanfaatkan beragam elemen bauran komunikasi yang berbeda-beda agar tercipta koherensi yang saling mendukung.Komunikasi Pemasaran Terpadu adalah konsep dimana suatu perusahaan mengintegrasikan dan mengkoordinasikan saluran komunikasi untuk mengirim pesan yang jelas, konsisten dan meyakinkan yang berkenaan dengan perusahaan dan produknya. - Komunikasi pemasaran menurut (Kotler & Amstrong, 2004)
Komunikasi Pemasaran Terpadu adalah konsep dimana suatu perusahaan mengintegrasikan dan mengkoordinasikan saluran komunikasi untuk mengirim pesan yang jelas, konsisten dan meyakinkan yang berkenaan dengan perusahaan dan produknya. - Komunikasi pemasaran menurut Kotler dan keller (2009:194)
sebuah konsep dimana suatu perusahaan mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi untuk mengirim pesan yang jelas, konsisten, dan meyakinkan berkenaan dengan perusahaan dan produknya. - Komunikasi pemasaran menurut (Baack 2012 & Kenneth E. Clow, 2012:24)
Integrated Marketing Communication (IMC) is the coordination and integration of all marketing communication tools, avenues, and source in a company into a seamless program designed to maximize the impact on customers and other end users at a minimal cost. (Integrated Marketing Communication (IMC) adalah koordinasi dan integrasi dari semua alat pemasaran komunikasi, alat, dan sumber di suatu perusahaan yang dirancang untuk memaksimalkan dampak pada pelanggan dan pengguna akhir lain dengan biaya minimal). - Schultz dalam Diwati & Santoso (2015) mengatakan :
IMC adalah proses pengembangan dan implementasi berbagai bentuk program komunikasi persuasif dengan pelanggan dan prospek dari waktu ke waktu. Tujuan IMC untuk mempengaruhi atau langsung mempengaruhi perilaku khalayak komunikasi yang dipilih. - American Association of Publicity and public relations Agencies dalam Diwati & Santoso (2015)
sebuah konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang memberikan nilai tambah terhadap suatu perencanaan yang mendalam dengan cara melakukan evaluasi terhadap peran strategis dari bermacam ilmu komunikasi dan mengkombinasikannya untuk menghasilkan keakuratan, konsistensi, dan efek komunikasi secara maksimal melalui integrasi dari pesan – pesan yang terpisah. - (Duncan, 2004)
Principles of Advertising and IMC provides students with a basic understanding of all the major marketing communication functions, the major media alternatives, and the processes for integrating these activities in the most effective and efficient way in order to develop long-term, profitable customer relationships that build brands and create brand equity. (Prinsip Iklan dan IMC memberikan pemahaman dasar dari semua fungsi komunikasi pemasaran utama, media alternatif utama, dan proses untuk mengintegrasikan kegiatan ini dengan cara yang paling efektif dan efisien dalam rangka untuk mengembangkan jangka panjang, hubungan pelanggan dan membangun merek dan menciptakan ekuitas merek). - four As (the American Association of Advertising Agency)dalam buku (George E. Belch 2006)
Pengertian IMC adalah Konsep komunikasi pemasaran yang menekankan nilai tambah rencana komprehensif yang mengkaji peran strategis masing-masing bentuk komunikasi –misalnya iklan, direct response, promosi penjualan, dan humas –dan memadukannya untuk meraih kejelasan, konsistensi, dan dampak komunikasi maksimal melalui pengintegrasian pesan. - ( George E.Belch, 2006)
Integrated Marketing Communication (IMC) adalah sebuah strategi bisnis proses yang digunakan untuk mengembangkan, mengeksekusi, mengevaluasi, mengukur, suatu program komunikasi brand dalam jangka waktu tertentu kepada konsumen, pelanggan, karyawan, dan target lainnya baik itu untuk pemirsa internal maupun eksternal perusahaan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan brand secara finansial baik itu untuk jangka pendek maupun jangka panjang serta meningkatkan nilai suatu brand. - Thomas C.O’Guinn, Chris T.Allen and Richard J.Semenik (2006:38)
Integrated Marketing Communication (IMC) is the process of using promotional tools in a unified way so that a synergistic communication effect is created. (proses menggunakan alat promosi dengan cara terpadu sehingga membuat efek komunikasi menjadi sinergis).
Berdasarkan pengertian diatas Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication) yaitu :
- “Gabungan dari mode komunikasi pemasaran yaitu Advertising, Sales Promotion, Public Relation (Publicity), Personal Selling, Sponsorship Marketing dan Poin-of-purchase Communication yang berperan penting dalam meningkatkan Brand Equity (Ekuitas Merek) suatu perusahaan, oleh karena itu dibutuhkkan integritas/kordinasi Internal perushaaan untuk menciptakan koherensi yang saling mendukung sehingga mampu tersampaikan kepada benak konsumen”
Tujuan IMC adalah mempengaruhi atau memberikan efek langsung kepada perilaku khalayak sasaran yang dimilikinya. IMC menganggap seluruh sumber yang dapat menghubungkan pelanggan atau calon pelanggan dengan produk atau jasa dari suatu merek atau perusahaan, adalah jalur yang potensial untuk menyampaikan pesan di masa datang. Lebih jauh lagi IMC menggunakan semua bentuk komunikasi yang relevan serta yang dapat diterima oleh pelanggan dan calon pelanggan. Dengan kata lain proses IMC berawal dari pelanggan atau calon pelanggan kemudian berbalik kepada perusahaan untuk menentukan dan mendefinisikan bentuk dan metode yang perlu dikembangkan bagi program komunikasi yang persuasif, (Shimp, 2003:24) ).
Pembahasan terkait lainnya :
- Pengertian Komunikasi Pemasaran Terpadu Menurut Para Ahli
- Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian
- Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian
- Faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan
- Konsep Dasar Pengembangan Program IMC
- Pengertian Komunikasi Pemasaran Terpadu
- Unsur-Unsur Marketing Communication
- Unsur-Unsur Komunikasi Pemasaran
- Pengertian Merek dan Ekuitas Merek