Pengertian Harga Menurut Para Ahli

Pengertian Harga Menurut Para Ahli

Harga adalah suatu nilai uang yang ditentukan oleh perusahaan sebagai imbalan barang atau jasa yang diperdagangkan dan sesuatu yang lain yang diadakan suatu perusahaan guna memuaskan keinginan pelanggan. 1 Pengertian harga menurut Swastha “Harga adalah jumlah uang (ditambah beberapa produk kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari produk dan pelayanannya“. Dari definisi tersebut kita dapat mengetahui bahwa harga yang dibayar oleh pembeli itu sudah termasuk pelayanan yang diberikan oleh penjualan. Bahkan penjual juga menginginkan sejumlah keuntungan dari harga tersebut. Sedangkan Menurut Kotler “Harga adalah jumlah uang yang ditukarkan konsumen dengan manfaat dari memiliki atau menggunakan produk dan jasa. Harga berperan sebagai penentu utama pilihan pembeli. Harga merupakan satu-satunya elemen bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan, elemen-elemen lain menimbulkan biaya”.



Harga sendiri merupakan suatu permainan dalam pemasaran, apabila harga yang ditetapkan oleh penjual terlalu tinggi maka harga tersebut tidak mampu terjangkau oleh konsumen atau customer, akhirnya akan berdampak pada lesu atau menurunnya pemasaran suatu produk di perusahaan tersebut. Sebaliknya ketika harga yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut terlalu rendah maka akan berdampak pada rendahnya tingkat profitabilitas serta konsumen menganggap barang yang ditawarkan dengan harga rendah tersebut merupakan barang lama atau barang yang kualitasnya buruk. Karena harga dari suatu barang itu dapat mencerminkan kualitas yang dimilikinya. Berikut ini merupakan pembahasan dari pengertian harga yang diungkapkan menurut para ahli adalah sebagai berikut :



Pengertian Harga Menurut Para Ahli

  • Menurut (Sangadji & Sopiah, 2013, 206) mengatakan bahwa : “Harga merupakan salah satu atribut paling penting yang dievaluasi oleh konsumen, dan manajer harus benar-benar menyadari peran tersebut dalam pembentukan sikap kosumen”.
  • Menurut (Tjiptono, 2015, 289) mengatakan bahwa : “Harga merupakan salah-satunya unsur bauran pemasaran yang mendatangkan atau pendapatan bagi perusahaan”.
  • Menurut (Purba & Limakrisna, 2017, 119) mengatakan bahwa: “Harga adalah jumlah uang yang ditagihkan untuk suatu produk atau sejumlah nilai yang dipertukarkan konsumen untuk memiliki manfaat atau menggunakan produk”.
  • Menurut (Malau, 2017, 125) mengatakan bahwa : “Harga adalah tukar suatu barang atau jasa, dengan kata lain, itu merupakan produk yang dapat tukar dipasar”.

Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa harga adalah suatu alat tukar atau nilai pada suatu barang atau jasa tertentu pada suatu dipasar.

 

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Fungsi Asosiasi Merek
  2. Elemen Brand Identity
  3. Fungsi Loyalitas Merek
  4. Pengukuran Brand Image
  5. Tingkatan Loyalitas Merek
  6. 6 Tingkat Pengertian Merek
  7. Manfaat dari Atribut Produk
  8. Tahapan Loyalitas Pelanggan
  9. Alternatif Strategi Pemasaran
  10. Pengertian Kepercayaan Merek
  11. Manfaat-Manfaat Loyalitas Merek
  12. Strategi Pemasaran Produk Adalah
  13. Indikator-Indikator Kualitas Produk
  14. Komponen Citra Merek Menurut Ahli
  15. Pengertian Merek Menurut Para Ahli
  16. Tujuan Kualitas Produk Menurut Ahli
  17. Dimensi Asosiasi Merek dan Contohnya
  18. Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli
  19. Alasan Memproduksi Produk Berkualitas
  20. Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin
  21. Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
  22. Tingkatan Produk Ada Lima Menurut Ahli
  23. Faktor Faktor Pembentuk Identitas Merek
  24. Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
  25. Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
  26. Faktor Yang Mempengaruhi Brand Loyalty
  27. Manfaat Penggunaan Merek Bagi Produsen
  28. Indikator Brand Loyalty Menurut Para Ahli
  29. Pengertian Brand Image Menurut Para Ahli
  30. Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
  31. Unsur-Unsur Kualitas Produk dan Contohnya
  32. Pengertian Brand Identity Menurut Para Ahli
  33. Pengertian Asosiasi Merek Menurut Para Ahli
  34. Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Trust
  35. Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  36. Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan
  37. Pengertian Loyalitas Merek Menurut Para Ahli
  38. Hubungan Brand Trust dengan Brand Loyalty
  39. Hubungan Brand Image dengan Brand Loyalty
  40. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Brand Trus
  41. Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
  42. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
  43. Pengertian Kepercayaan Merek Menurut Para Ahli
  44. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk
  45. Unsur Utama Berdasarkan Pembagian Ekuitas Merk
  46. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek
  47. Cara Membangun Kepercayaan Konsumen Pelanggan
  48. Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Terhadap Merek

 

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran