Pengertian diskon adalah potongan harga yang sering digunakan perusahaan untuk meningkatkan jumlah penjualan dan hasil penerimaan penjualan serta share pasar perusahaan dengan memberikan potongan harga kepada pembeli yang membeli dalam jumlah besar atau kepada pembeli yang membayar dengan tunai.31 Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa diskon adalah strategi mengurangi harga atau daftar harga untuk memberikan penghargaan atas penjualan barang atau kepada pelanggan yang memberikan tanggapan seperti membayar lebih awal produk atau mempromosikan produk.
Pengertian Diskon Menurut Para Ahli dan Contohnya
- Menurut Mas’ud Machfoedz, diskon adalah penyesuaian harga yang ditetapkan untuk menghargai konsumen atas respon tertentu. Misalnya pembayaran rekening tagihan tepat waktu, volume pembelian dan alasan sejenis lainnya.
- Tjiptono (1997:166) berpendapat bahwa diskon merupakan potongan harga yang diberikan penjual kepada pembeli sebagai wujud penghargaan atas aktivitas tertentu dari pembelian yang menyenangkan bagi penjual.
- Gitosudarmo (2000:233) diskon adalah harga yang lebih rendah dari harga yang seharusnya dibayarkan didasarkan pada beberapa hal diantaranya waktu pembayaran yang lebih awal, tingkat serta jumlah pembelian dan pembelian pada musim tertentu.
- Menurut Kotler (2003) diskon adalah pengurangan langsung dari harga barang pada pembelian selama suatu periode yang waktu yang dinyatakan.
- Menurut Tjiptono (2007) diskon merupakan potongan harga yang diberikan oleh penjual kepada pembeli sebagai penghargaan atas aktivitas tertentu dari pembeli yang menyenangkan bagi penjual.
- Kotler and Armstrong (2008:9) mendefinisikan diskon merupakan pengurangan harga langsung terhadap suatu pembelian dalam periode tertentu.
Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa diskon adalah pengurangan harga secara langsung terhadap produk tertentu pada periode waktu tertentu, serta pembelian potongan harga yang diberikan penjual kepada pembeli. Pemberian diskon ditetapkan sesuai dengan kebijakan dan tujuan dari masing-masing perusahaan.
Pembahasan terkait lainnya :
- Jenis Jenis Iklan di Koran
- Tujuan Pemberian Diskon
- Pengertian dari Biro Iklan
- Variabel Bauran Pemasaran
- Tujuan Pemasaran Langsung
- 4P Dalam Bauran Pemasaran
- Pengertian Penjualan Pribadi
- Tujuan Promosi Menurut Ahli
- Pengertian Event Menurut Ahli
- Manfaat Pemasaran Langsung
- Bentuk-Bentuk Bauran Promosi
- Karakteristik Iklan Media Cetak
- Pengertian Diskon Menurut Ahli
- Proses Kegiatan Personal Selling
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- Strategi Perencanaan Periklanan
- Pengertian Pemasaran Langsung
- Promotion Mix Menurut Para Ahli
- Karakteristik Event Menurut Noor
- Strategi Promosi Dalam Pemasaran
- Contoh Media Pemasaran Langsung
- Pengertian Periklanan Menurut Ahli
- Bentuk Bentuk Pemasaran Langsung
- Tujuan Periklanan Menurut Para Ahli
- Periklanan Sebagai Proses Komunikasi
- Tahapan Proses Manajemen Periklanan
- Kelebihan Koran dan Kekurangan Koran
- Pengertian Sales Promotion Menurut Ahli
- Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli
- Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Faktor Faktor Pemilihan Media Periklanan
- Fungsi-Fungsi Periklanan Beserta Contohnya
- Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Penjualan