Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Pemasaran menurut Kotler dan Amstrong (2014) “ Marketing is the process by which companies create value of customers and build strong customer relationship inorder to capture value from suntomers in return”. Kemudian Kotler dan Keller (2016) “Marketing is about identifying and meeting human ans social need. One of the shortst good definitions of marketing is meeting needs profitaily”. Sedangkan American Marketing Association (AMA) yang dikutip oleh Fandy Tjiptono (2015) mendefinisikan pemasaran “sebagai fungsi organisasi dan serangkaian proses menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai bagi para pelanggan, serta mengelola relasi pelanggan sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat bagi organisasi dan para stakeholder-nya”.

Definisi para ahli diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran merupakan usaha terpadu unuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi. Kegiatan pemasaran perusahaan harus memberikan kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan anggapan yang baik dari konsumen. Perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan produk yang ditawarkan tersebut. Dengan demikian, maka segala aktivitas perusahaan harus diarahkan untuk memuasakan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba.



 

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

  1. Sawicky dalam Dedi Purwana ES, Rahmi, dan Shandy Aditya ( 2017) mengatakan digital marketing sebagai eksploitasi terhadap teknologi digital yang digunakan untuk menciptakan suatu saluran untuk mencapai resipien potensial untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pemenuhan kebutuhan konsumen yang lebih efektif.
  2. Menurut Chaffey, Chadwick, Johnston, dan Mayer dalam Nadya ( 2016) digital marketing merupakan pemasaran dengan menggunakan penerapan teknologi secara digital. Salah satu bentuk marketing digital dengan menggunakan media elektronik atau internet adalah internet marketing (e-marketing).
  3. Menurut David dan George (2001:20) dalam bukunya Marketing Research, kalau Pemasaran internet atau pemasaran online adalah penggunaan network untuk meraih pelanggan. Menyatukan suatu network pengguna dan sumbernya telah menghasilkan aktivitas baru dengan kemampuan yang lebih.
  4. Menurut Mohammed (2003:82) dalam bukunya Internet Marketing, mendefinisikan internet marketing sebagai proses dalam membangun dan mempertahankan customer relationship melalui aktivitas online yang merupakan pertukaran ide, produk, jasa yang dapat memenuhi kepuasan pelanggan. Berdasarkan definisi ini terlihat pada internet marketing terkadung aktivitas yang merupakan transaksi online, baik ide, produk maupun jasa yang ujung-ujung nya adalah kepuasan pelanggan.
  5. Menurut Dianawati (2007:64) Pemasaran online adalah kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media internet. Sesuai perkembangannya pemasaran online tidak hanya menggunakan media website, tapi juga email dan aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di atas protokol internet seperti internet, iklan internet (periklanan di internet) menjadi pilihan yang menarik bagi para marketer khususnya dan dunia usaha umumnya.
  6. Kotler (2005:6) mendefinisikan pemasaran sebagai Kegiatan menganalisa, merencanakan, mengimplementasikan, dan mengawasi segala kegiatan (programs), guna mencapai tingkat penjualan produk yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Kegiatan utamanya terletak pada merancang penawaran yang dilakukan perusahaan agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan pasar dengan menggunakan politik harga, cara-cara komunikasi, dan cara distribusi, menyajikan informasi, memotivasi dan melayani pasar.
  7. Menurut David dan George (2010) pemasaran online adalah pengunaan network untuk meraih pelanggan. Menyatukan suatu network pengguna dan sumbernya telah menghasilkan aktivitas baru dengan kemampuan lebih. Pemisah tiap aktivitas dan perubahan yang sangat cepat muncul, mengkaitkan para pemakai dengan computer yang telah ditransformasaikan menjadi sebuah alat komunikasi membawa peluang bisnis baru dan menghasilkan suatu indutri baru.
  8. Menurut Mohammed (2008) internet marketing sebagai proses dalam membangun dan memepertahankan customer relationship melalui aktivitas online yang merupakan perukaran ide, produk, jasa yang dapat memenuhi kepuasan pelanggan. Berdasarkan definisi ini terlihat pada internet marketing terkandung aktivitas yang merupakan transaksi online,baik ide, produk maupun jasa yang ujung-ujungnya adalah kepuasan pelanggan. Definisi ini merupakan pengembangan dari definisi marketing sendiri yang mencakup hal-hal seperti proses, transaksi, produk, jasa dan kepuasan pelanggan.
  9. Menurut Dianawati (2007) pemasaran online adalah kegiatan komunikasi dengan mengunakan media internet. Sesuai perkembangannya pemasaran online tidak hanya mengunakan media wedsite, tetapi juga email dan aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di atas protokol internet seperti internet , ikalan internet (periklanan di internet) menjadi pilihan yag menarik bagi marketer khususnya dan dunia usaha umumnya.



Lebih jauh, Kotler (2005, pp183-199), According to Kotler mengatakan bahwa dampak internet terhadap pemasaran di antaranya, di wilayah bisnis ke bisnis, internet merevolusi praktik dan efisiensi bisnis. Perusahaan memiliki lebih banyak informasi tentang para pemasok dan harga-harga mereka; ada lebih banyak pelelangan dan transaksi dilakukan melalui internet.

Kotler (2005, pp203-218) menambahkan, bahwa setiap perusahaan harus merancang website yang mengekspresikan tujuan, sejarah, produk, visi, dan beberapa hal lain dari perusahaan. Website harus menjadi cara mudah untuk menghubungi perusahaan. Isi website harus diperbaharui secara berkala, agar orang kembali mengunjunginya. Website harus di-upload dengan cepat, serta memiliki tampilan menarik. Website bisa berfungsi lebih banyak guna membuka peluang transaksi, yang akan menjadikannya sebagai situs E-Commerce.

Selain keunggulan dari website di atas, website juga memiliki kelemahankelemahan. Di antaranya, menurut Kotler (2005, pp203-218), pembeli tidak dapat merasakan atau melihat barang sebelum membeli (walaupun mereka boleh mengembalikan barang jika merasa tidak puas). Pembeli harus menunggu barang diantarkan (terkadang dua hari), sementara biasanya dalam satu hari saja mereka bisa membeli berbagai jenis produk di pasar ritel. Di toko, pembeli bisa berbicara langsung dengan orang lain, tetapi hal itu tidak bisa dilakukan di internet, kecuali di chat room atau telepon.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa digital marketing adalah kegiatan pemasran dengan memanfaatkan media elektronik melalui media berbasis internet maupun media sosial untuk mempermudah perusahaan dalam melakukan kegiatan pemasaran.



Ada dua dari pemasaran online, yaitu :

  1. Commercial online channel (saluran online commercial)
    Berbagai perusahaan telah membuat informasi secara online yang dapat diakses oleh orang yang sudah terdaftar untuk jasa itu dan membayar iuran bulanan. Saluran online ini memberikan service pertama bagi pelanggan-pelanggan informasi (surat kabar, perpustakaan, pendidikan, perjalanan, olahraga, dan referensi), hiburan (kesenangan dan permaianan), jasa pembelanjaan, kesempatan berdialog (bulletin bords,forum,chat boxes) dan email.
  2. Internet
    Internet adalah jaringan global yang terdiri dari banyak sekali network. Komputer yang memungkinkan komunikasi global yang segera dan terdesentralisasi. Dalam dunia usaha kini internet bukan suatu barang -baru, terutama bagi penduduk kota besar maupun kalangan akademis.

 



 

# tag

pengertian digital marketing menurut para ahli pengertian digital marketing secara umum pengertian digital marketing dan contohnya pengertian digital marketing agency pengertian internet marketing menurut para ahli jelaskan pengertian digital marketing menurut para ahli pengertian marketing online menurut para ahli

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Digital Marketing