Pengertian Asosiasi Merek Menurut Para Ahli

Pengertian Asosiasi Merek Menurut Para Ahli

Asosiasi merek adalah segala kesan yang muncul dalam benak konsumen yang berekaitan dengan ingatannya mengenai suatu merek. Kesan-kesan yang terekait dengan merek akan semakin meningkat seiring dengan makin banyaknya pengalaman konsumen dalam mengkonsumsi suatu merek atau dengan makin seringnnya permunculan atau penampakan merek tersebut dalam rangka strategi pemasarannya (Freddy Rangkuti, 2004 : 43). Pengertian Asosiasi merek menurut Aaker adalah segala hal yang berkaitan dengan ingatan mengenai merek.

Brand association adalah hal-hal spesifik yang pantas atau selalu dikaitkan dengan suatu merek, bisa muncul dari penawaran unik suatu produk, aktivitas yang berulang dan konsisten misalnya dalam hal sponsorship atau kegiatan social responsibility, isu-isu yang sangat kuat berkaitan dengan merek tersebut, ataupun person. Brand Asosiation (Asosiasi Merek) Mencerminkan pencitraan suatu merek terhadap suatu kasan tertentu dalam kaitannya dengan kebiasaan, gaya hidup, manfaat, atribut produk, geografis, harga, pesaing, selebritis dan lain-lain



Pengertian Asosiasi Merek Menurut Para Ahli

  1. Asosiasi Merek (Brand Associations) Menurut Aaker (1997, asosiasi merek adalah segala sesuatu yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan ingatan konsumen terhadap suatu merek.
  2. Menurut Aaker dalam Sangadji (2013:328) Asosiasi merek adalah sekumpulan entitas yang bisa dihubungkan dengan suatu merek. Asosiasi itu tidak hanya ada, namun juga mempunyai tingkatan kekuatan.
  3. Menurut Chen dalam Daud, dkk (2014:130) Asosiasi merek mengandung arti merek bagi konsumen, merek yang bukan sekadar nama dari suatu produk namun yang mengaitkan dengan atribut tertentu. Asosiasi merek bisa terlihat dalam bentuk dan mencerminkan fitur atau layanan dari aspek produk itu sendiri.



  4. Menurut Aaker dalam Daud, dkk (2014:130) Seperangkat asosiasi merek, umumnya terkait dalam beberapa cara yang bermakna, bentuk dan citra merek. Asosiasi merek membentuk nilai untuk perusahaan dan konsumennya sendiri dengan cara membantu konsumen untuk memproses informasi, membedakan merek, membentuk sikap yang positif , memberikan alasan membeli dan menjadi fondasi dasar dalam ekstensi merek.

Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa asosiasi merek merupakan segala hal atau kesan yang ada dibenak seseorang yang berkaitan dengan ingatannya mengenai suatu merek. Merek yang telah mapan akan memiliki posisi yang menonjol dalam persaingan apabila didukung oleh berbagai asosiasi merek yang saling berhubungan akan menimbulkan suatu rangkaian dibenak konsumen sehingga membentuk citra tentang merek. Semakin banyak asosiasi yang saling berhubungan, semakin kuat brand image yang dimiliki oleh merek tersebut.

 

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Elemen Brand Identity
  2. Fungsi Loyalitas Merek
  3. Pengukuran Brand Image
  4. Tingkatan Loyalitas Merek
  5. 6 Tingkat Pengertian Merek
  6. Manfaat dari Atribut Produk
  7. Tahapan Loyalitas Pelanggan
  8. Alternatif Strategi Pemasaran
  9. Pengertian Kepercayaan Merek
  10. Manfaat-Manfaat Loyalitas Merek
  11. Strategi Pemasaran Produk Adalah
  12. Indikator-Indikator Kualitas Produk
  13. Pengertian Merek Menurut Para Ahli
  14. Tujuan Kualitas Produk Menurut Ahli
  15. Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli
  16. Alasan Memproduksi Produk Berkualitas
  17. Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin
  18. Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
  19. Tingkatan Produk Ada Lima Menurut Ahli
  20. Faktor Faktor Pembentuk Identitas Merek
  21. Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
  22. Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
  23. Faktor Yang Mempengaruhi Brand Loyalty
  24. Manfaat Penggunaan Merek Bagi Produsen
  25. Indikator Brand Loyalty Menurut Para Ahli
  26. Pengertian Brand Image Menurut Para Ahli
  27. Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
  28. Unsur-Unsur Kualitas Produk dan Contohnya
  29. Pengertian Brand Identity Menurut Para Ahli
  30. Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Trust
  31. Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  32. Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan
  33. Pengertian Loyalitas Merek Menurut Para Ahli
  34. Hubungan Brand Trust dengan Brand Loyalty
  35. Hubungan Brand Image dengan Brand Loyalty
  36. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Brand Trus
  37. Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
  38. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
  39. Pengertian Kepercayaan Merek Menurut Para Ahli
  40. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk
  41. Unsur Utama Berdasarkan Pembagian Ekuitas Merk
  42. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek
  43. Cara Membangun Kepercayaan Konsumen Pelanggan
  44. Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Terhadap Merek

 

 

 






 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran