Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian
Menurut Schiffiman dan Kanuk (2008:221) mendefinisikan sikap konsumen sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Sikap konsumen adalah kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang-barang dan jasa-jasa tersebut didalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut.
Menurut Swastha dan Handoko (2007:93) sikap (attitude) adalah predisposisi (keadaan mudah terpengaruh) untuk memberikan tanggapan terhadap rangsangan lingkungan, yang dapat memulai atau membimbing tingkah laku orang tersebut. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu dapat dilihat dan disimpulkan bahwa variable Independen yaitu sikap (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variable dependen yaitu keputusan pembelian (Y) dengan penelitian yang pernah di lakukan oleh :
Diwaty Dan Santoso (2015) dengan hasil penelitian sikap motivasi pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada bisnis tour dan travel. Retor (2014) variabel sikap pengaruh positif terhadap keputusan Pembelian paving block. Sumiati (2014) variabel sikap pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian komputer tablet apple ipad. Fredereca dan Chairy (2010) variabel sikap pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone blackberry. Bagus (2016) variabel sikap pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk elektronik.
Pembahasan terkait lainnya :
- Pengertian Komunikasi Pemasaran Terpadu Menurut Para Ahli
- Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian
- Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian
- Faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan
- Konsep Dasar Pengembangan Program IMC
- Pengertian Komunikasi Pemasaran Terpadu
- Unsur-Unsur Marketing Communication
- Unsur-Unsur Komunikasi Pemasaran
- Pengertian Merek dan Ekuitas Merek