Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
Menurut Schiffman dan Kanuk (2008:71) motivasi konsumen adalah kekuatan dorongan dari dalam diri individu yang memaksa mereka untuk melakukan tindakan dimana kekuatan dorongan tersebut dihasilkan dari suatu tekanan yang diakibatkan oleh belum atau tidak terpenuhinya kebutuhan, keinginan dan permintaan. Menurut Swasta dan Handoko (2007:77) motif atau motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai sesuatu tujuan.
Berdasarkan teori dan dari hasil uji hipotesis penelitian terdahulu dapat simpulkan bahwa variable independen yaitu motivasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variable dependen yaitu keputusan pembelian (Y) yang artinya semakin tinggi motivasi, maka semakin tinggi pula keputusan pembelian. Hal ini sejalan dengan penelitian terdahulu menjadi acuan dalam penelitian yang akan di lakukan, antara lain.
Diwaty Dan Santoso (2015) dengan hasil penelitian variabel motivasi pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada bisnis tour dan travel. Huriartanto dkk (2015) variabel motivasi konsumen pengaruh positif signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian tiket pesawat. Retor (2014) variabel motivasi pengaruh positif terhadap keputusan Pembelian paving block. Sumiati (2014) variabel motivasi pengaruh positif signifikan terhadap keputusan Pembelian Komputer Tablet Apple Ipad. Gunawan (2015) variabel motivasi pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian pengunjung restaurant car’l junior. Bagus (2016) variabel motivasi pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk elektronik.
Pembahasan terkait lainnya :
- Pengertian Komunikasi Pemasaran Terpadu Menurut Para Ahli
- Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian
- Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian
- Faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan
- Konsep Dasar Pengembangan Program IMC
- Pengertian Komunikasi Pemasaran Terpadu
- Unsur-Unsur Marketing Communication
- Unsur-Unsur Komunikasi Pemasaran
- Pengertian Merek dan Ekuitas Merek