Gambar merupakan salah satu media pembelajaran yang sangat dikenal setiap kegiatan pembelajaran. Hal ini di sebabkan kesederhanaannya, tanpa memerlukan perlengkapan, dan tidak perlu diproyeksikan untuk mengamatinya. Gambar termasuk pada gambar tetap atau still picture yang terdiri dari dua kelompok. Pertama flat opaque atau gambar datar tidak tembus pandang, seperti gambar, foto, dan lukisan tercetak. Kedua adalah transparent picture atau gambar tembus pandang, seperti film, film slides, film strips, dan transparencis.
Gambar pada dasarnya membantu peserta didik dan membangkitkan minatnya pada pelajaran. Gambar dipilih dan dipergunakan sesuai dengan tujuan khusus materi pelajaran, artinya tidak bisa gambar itu hanya dipertunjukkan seteknik tersendiri, melainkan harus dipadukan dengan materi pelajaran tertentu. Namun demikian, terlalu banyak mempergunakan gambar pada saat yang sama akan merugikan proses belajar mengajar. Oleh karena itu pilihlah gambar yang dapat mengembangkan pemahaman bagi peserta didik.
Teknik pemanfaatan media gambar adalah :
Pertama, persiapan guru: pada lagkah ini guru menetapkan tujuan yang akan dicapai mlalui media pembelajaran sehubungan dengan pelajaran (materi) yang akan dijelaskan berikut dengan strategi-strategi penyampaiannya. Kedua, persiapan kelas: pada langkah ini bukan hanya menyiapkan perlengkapan, tetapi juga mempersiapkan siswa dari sisi tugas, misalnya agar dapat mengikuti, mencatat, menganalisis, mengeritik, dan lainlain.Ketiga, penyajian: penyajian media pembelajaran sesuai dengan karakteristiknya. Keempat, langkah lanjutan dan aplikasi: sesudah penyajian perlu ada kegiatan belajar sebagai tindak lanjutnya, missalnya diskusi, laporan dan tugas lain.
Pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran
- Pergunakanlah gambar untuk tujuan-tujuan pengajaran yang spesifik, yaitu dengan teknik memilih gambar tertentu yang akan mendukung penjelasan inti pelajaran atau pokok-pokok pelajaran.
- Padukan gambar-gambar kepada pelajaran, sebab keefektifan pemakaian gambar-gambar di dalam proses belajar mengajar memerlukan keterpaduan.
- Pergunakan gambar seefektif mungkin.
- Kurangi penambahan kata-kata pada gambar.
- Mendorong pernyataan yang kreatif, melalui gambar-gambar para siswa akan didorong untuk mengembangkan keterampilan berbahasa lisan dan tulisan, seni grafis dan bentuk-bentuk kegiatan lainnya.
- Mengevaluasi kemajuan kelas, bisa juga dengan memanfaatkan gambar baik seteknik umum maupun seteknik khusus.
Pembahasan lainnya :
- Karakteristik Media Gambar
- Prinsip-Prinsip dalam Belajar
- Karakteristik Siswa Kelas 4 SD
- Pengertian Media Visual Gambar
- Unsur dan Prinsip Desain Busana
- Jenis-Jenis Karangan dan Contohnya
- Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
- Pengertian Seni Kaligrafi dalam Islam
- Ciri-Ciri Kreativitas Menurut Para Ahli
- Kelebihan dan Kekurangan Media Visual
- Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli
- Manfaat dan Efek Bahaya Sinar Matahari
- Langkah Langkah Membuat Desain Busana
- Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli
- Pengertian Media Visual Menurut Para Ahli
- Definisi Teknologi Pendidikan Menurut AECT
- Teori Perkembangan Bahasa Menurut Vygotsky
- Pengertian Karangan Narasi Menurut Para Ahli
- Kelebihan dan Kekurangan Media Visual Gambar
- Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli
- Pemanfaatan Media Gambar dalam Pembelajaran
- Klasifikasi Hasil Belajar Menurut Benyamin Bloom
- Tujuan Pembelajaran IPA di SD Menurut Kurikulum
- Pengertian Keterampilan Menulis Menurut Para Ahli
- Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Siswa
- Penggolongan Busana Pesta Menurut Enny Zuhni Khayati