Manfaat Ekuitas Merek Bagi Perusahaan & Konsumen

Manfaat Ekuitas Merek Bagi Perusahaan & Konsumen

Ekuitas sebuah merek yang kuat akan memberikan banyak manfaat bagi konsumen maupun bagi produsen. Kotler (2012) menyatakan bahwa manfaat ekuitas merek bagi konsumen maupun bagi produsen sebagai berikut :



Manfaat Ekuitas Merek Bagi Perusahaan Konsumen

  • Memberikan nilai bagi konsumen :
    1. Aset ekuitas merek membantu konsumen menafsirkan, memproses, dan menyimpan informasi dalam jumlah besar mengenai produk dan merek.
    2. Ekuitas merek memberikan rasa percaya diri kepada konsumen dalam mengambil keputusan pembelian, baik karena pengalaman masa lalu dalam karakteristiknya.
    3. Persepsi kualitas dan asosiasi merek bisa menguatkan kepuasan konsumen dengan pengalaman menggunakannya.
  • Memberikan nilai bagi perusahaan :
    1. Ekuitas merek bisa menguatkan program memikat para konsumen baru atau merangkul kembali konsumen lama.



    2. Kesadaaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan asset-aset merek lainnya mampu menguatkan loyalitas merek, yaitu bisa memberikan alasan untuk membeli dan mempengaruhi kepuasan penggunaan.
    3. Ekuitas merek biasanya akan memungkinkan keuntungan (margin) yang lebih tinggi dengan memungkinkan harga optimum (premium pricing) dan mengurangi ketergantungan pada promosi.
    4. Ekuitas merek memberikan landasan untuk pertumbuhan melalui perluasan merek.
    5. Ekuitas merek bisa memberikan dorongan dalam saluran distribusi.
    6. Aset-aset ekuitas merek memberikan keuntungan kompetitif yang sering kali menghadirkan rintangan nyata terhadap para kompetitor.

 

 

Pembahasan lainnya :

  1. Fungsi Asosiasi Merek
  2. Dimensi Persepsi Kualitas Produk
  3. Pengertian Harga Menurut Para Ahli
  4. Komponen Citra Merek Menurut Ahli
  5. Dimensi Asosiasi Merek dan Contohnya
  6. Dimensi Ekuitas Merek Menurut AAKER
  7. Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
  8. Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
  9. Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
  10. Indikator Loyalitas Merek Manurut Para Ahli
  11. Pengertian Asosiasi Merek Menurut Para Ahli
  12. Teori Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli
  13. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
  14. Pengertian Kepercayaan Merek Menurut Para Ahli
  15. Unsur Utama Berdasarkan Pembagian Ekuitas Merk

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran