Banyak ahli marketing mengatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah kunci utama dari konsep pemasaran dan marketing strategy. Dengan kata lain, setiap perusahaan memiliki cara tersendiri dalam melakukan proses marketing, sesuai karakteristik dan kesanggupan masing-masing.Pada dasarnya tujuan akhir dari marketing itu tetap akan bermuara pada tercapainya kepuasan konsumen. Berikut ini adalah 5 Konsep Strategi Pemasaran :
Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Segmentasi Pasar
Setiap konsumen pasti memiliki kebutuhan dan kebiasaan yang berbeda.Perusahaan harus melakukan klasifikasi pasar yang sifatnya heterogen menjadi satua-satuan pasar yang bersifat homogen. - Market Positioning
Tidak ada perusahaan yang bisa menguasai seluruh pasar.Itulah alasannya mengapa perusahaan harus punya pola spesifik untuk mendapatkan posisi kuat dalam pasar, yaitu memilih segmen yang paling menguntungkan. - Market Entry Strategi
Ini adalah strategi perusahaan untuk bisa masuk pada segmen pasar tertentu. Beberapa cara yang sering dilakukan adalah :- Membeli Perusahaan Lain
- Internal Development
- Kerjasama Dengan Perusahaan Lain
- Marketing Mix Strategy
Marketing Mix adalah kumpulan dari beberapa variabel yang telah digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen. Beberapa variabel tersebut diantaranya :- Product
- Price
- Place
- Promotion
- Participant
- Process
- People Physical Evidence
- Timing Strateg
Pemilihan waktu dalam melakukan pemasaran juga sangat penting untuk diperhatikan.Perusahaan perlu melakukan berbagai persiapan yang baik di bidang produksi, dan menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasar.
Pembahasan terkait :
- Fungsi Pemasaran
- 4 Variabel Marketing Mix
- Kendala Pemasaran Online
- Sumber Informasi Konsumen
- Cara Kerja Pemasaran Online
- Komponen Pemasaran Online
- Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
- Komponen Strategi Pemasaran
- Keuntungan Pemasaran Online
- Kekurangan Pemasaran Online
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- 7P Menurut Kotler dan Amstrong
- 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
- Fungsi Marketing Public Relations
- Strategi Marketing Public Relations
- Model Analisis SWOT dan Contohnya
- Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Marketing Public Relations
- Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Indikator Pemasaran Online Menurut Ahli
- Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
- Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
- Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
- Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
- Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
- Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
- Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
- Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
- Macam-Macam Media Promosi Pemasaran Produk
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Strategi Pemasaran
- Manfaat Pemasaran Online bagi Konsumen dan Perusahaan
- Tahap Tahap dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen