Menurut Swasta dalam Hartono (2012:884) konsep pemasaran adalah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomis dan social bagi kelangsungan hidup perusahaan. Dari definisi tersebut, perusahaan harus mengetahui kebutuhan apa saja yang diinignkan oleh konsumen dan mampu memberikan kepuasan agar mendapatkan laba bagi perusahaan tersebut.
Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono (2016:43-49)
- Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan
Inti pemasaran yaitu di mulai dengan kebutuhan dan keinginan manusia. Salah satu kebutuhan manusia antara lain seperti, makan, pakaian, tempat tinggal dll. Seperti yang kita ketahui, kebutuhan dan keinginan memiliki arti yang berbeda. Kebutuhan merupakan sesuatu yang dibutuhkan untuk bertahan hidup, sedangkan keinginan merupakan hasrat atau pemuas dari sesuatu yang kita inginakan. - Produk, Nilai, Biaya, dan Kepuasan
Apabila kita hendak memenuhi kebutuhan dan keinginan pasti berhubungan dengan produk ataupun jasa. Produk adalah sesuatu barang yang ditawarkan untuk memenuhi dan keinginan manusia. Manusia mempunyai suatu produk bukan dilihat dari fisiknya akan tetapi dilihat dari segi fungsinya. Contohnya apabila kita membeli sebuah microwafe, kita membeli microwafe bukan untuk dicintai akan tetapi untuk memasak yang menjadi kebutuhan manusia. - Pertukaran, Transaksi, dan Hubungan
Kebutuhan dan keinginan manusia pada awalnya melalui pertukaran sesama manusia. Pada zaman dahulu apabila manusia membutuhkan barang maka mereka akan saling bertukar barang (barter) sesuai dengan barang yang mereka butuhkan. Dengan adanya pertukaran ini, adanya transaksi dengan sesama manusia, hal ini transaksi bukan menggunakan uang karena pada zaman dahulu belum ditemukannya uang. Dari hal itulah, maka manusia pada zaman dahulu sangat menjadi hubungan dengan baik. - Pasar, Pemasaran, dan Pemasar
Pasar merupakan salah satu tempat bertemunya antara pembeli dan penjual. Di pasar kita dapat menemukan barang yang kita butuhkan dan inginkan dan mampu untuk melakukan pertukaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Jadi besarnya pasar tergantung jumlah orang yang memiliki kebutuhan, punya sumber daya yang diminati orang lain, dan mau menawarkan sumber daya itu untuk ditukar untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Pembahasan terkait :
- Fungsi Pemasaran
- 4 Variabel Marketing Mix
- Kendala Pemasaran Online
- Sumber Informasi Konsumen
- Cara Kerja Pemasaran Online
- Komponen Pemasaran Online
- Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
- Komponen Strategi Pemasaran
- Keuntungan Pemasaran Online
- Kekurangan Pemasaran Online
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- 7P Menurut Kotler dan Amstrong
- 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
- Fungsi Marketing Public Relations
- Strategi Marketing Public Relations
- Model Analisis SWOT dan Contohnya
- Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Marketing Public Relations
- Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Indikator Pemasaran Online Menurut Ahli
- Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
- Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
- Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
- Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
- Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
- Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
- Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
- Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
- Macam-Macam Media Promosi Pemasaran Produk
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Strategi Pemasaran
- Manfaat Pemasaran Online bagi Konsumen dan Perusahaan
- Tahap Tahap dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen