Strategi pemasaran memiliki tiga komponen yakni segmentasi, targeting, positioning. Menurut Mohammed, et all (2003,p123), komponen – komponen strategi pemasaran dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :
Komponen Strategi Pemasaran Sebagai Penunjang Keberhasilan
- Segmentation (segmentasi)
Membagi pasar berdasarkan kondisi geografi, demografi, perilaku, dan karakter individu - Targetting (menentukan sasaran)
Target yang ditentukan oleh perusahaan, yaitu semua orang yang menjadi sasaran, memilih orang yang cocok yang diperkirakan bisa membeli produk yang dibuat, memilih orang yang masih belum dilayani perusahaan secara baik, serta menganggap setiap pelanggan sebagai orang penting bagi perusahaan oleh karena itu perlu mendapatkan pelayanan individual. - Positioning (penempatan)
Penempatan perusahaan pada posisi yang lebih baik dari perusahaan yang berbeda dari perusahaan lain yang sejenis.
Tujuan dari strategi pemasaran tersebut adalah untuk mempengaruhi sumber daya perusahaan untuk memenuhi tujuan strategis.
Pembahasan terkait :
- Fungsi Pemasaran
- 4 Variabel Marketing Mix
- Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
- Komponen Strategi Pemasaran
- Keuntungan Pemasaran Online
- Kekurangan Pemasaran Online
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- 7P Menurut Kotler dan Amstrong
- 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
- Fungsi Marketing Public Relations
- Strategi Marketing Public Relations
- Model Analisis SWOT dan Contohnya
- Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Marketing Public Relations
- Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
- Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
- Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
- Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
- Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
- Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
- Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
- Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli