Klasifikasi Hasil Belajar Menurut Benyamin Bloom

Klasifikasi Hasil Belajar Menurut Benyamin Bloom

Menurut Zakiyah Daradjat “hasil belajar pada hakekatnya adalah perubahan tingkah laku siswa setelah proses belajar mengajar, tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang lebih luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotor”. Oleh karena itu, dalam penilaian hasil belajar peranan tujuan instruksional yang berisi rumusan kemajuan dan tingkah laku yang diinginkan dikuasai siswa menjadi unsur penting sebagai dasar atau acuan penilaian. 20 Jadi seseorang setelah melakukan proses belajar orang tersebut akan mengalami perubahan tingkah laku yang mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotor.

Aspek yang di nilai Klasifikasi hasil belajar dari benyamin bloom yang secara garis besar membaginya menjadi tiga ranah, yakni ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.



Klasifikasi hasil belajar menurut Benyamin Bloom

  1. Aspek kognitif Aspek kognitif meliputi perubahan-perubahan dalam segi penguasaan pengetahuan dan perkembangan keterampilan atau kemampuan yang diperlukan untuk menggunakan pengetahuan tersebut.
  2. Aspek Afektif Aspek afektif meliputi perubahan-perubahan dalam segi aspek mental, perasaan dan kesadaran.
  3. Aspek Psikomotor Aspek psikomotor meliputi perubahanperubahan dalam segi bentuk-bentuk tindakan motorik.

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Karakteristik Media Gambar
  2. Prinsip-Prinsip dalam Belajar
  3. Karakteristik Siswa Kelas 4 SD
  4. Pengertian Media Visual Gambar
  5. Unsur dan Prinsip Desain Busana 
  6. Jenis-Jenis Karangan dan Contohnya
  7. Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
  8. Pengertian Seni Kaligrafi dalam Islam
  9. Ciri-Ciri Kreativitas Menurut Para Ahli
  10. Kelebihan dan Kekurangan Media Visual
  11. Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli
  12. Manfaat dan Efek Bahaya Sinar Matahari
  13. Langkah Langkah Membuat Desain Busana
  14. Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli
  15. Pengertian Media Visual Menurut Para Ahli
  16. Definisi Teknologi Pendidikan Menurut AECT
  17. Teori Perkembangan Bahasa Menurut Vygotsky
  18. Pengertian Karangan Narasi Menurut Para Ahli
  19. Kelebihan dan Kekurangan Media Visual Gambar
  20. Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli
  21. Pemanfaatan Media Gambar dalam Pembelajaran
  22. Klasifikasi Hasil Belajar Menurut Benyamin Bloom
  23. Tujuan Pembelajaran IPA di SD Menurut Kurikulum
  24. Pengertian Keterampilan Menulis Menurut Para Ahli
  25. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Siswa
  26. Penggolongan Busana Pesta Menurut Enny Zuhni Khayati

 

 




How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Pendidikan