-
Karakteristik Siswa Kelas 4 SD Menurut Para Ahli
Menurut Piaget (Santrock, 2007) mengemukakan bahwa anak umur 7-11 tahun termasuk dalam tahap operasional konkret, yaitu kemampuan berpikir secara logis meningkat. Anak mampu mengklasifikasikan, memilih, dan mengorganisir fakta untuk menyelesaikan masalah. Mereka mulai mengerti situasi yang berbeda secara simultan. Masa usia sekolah dasar sebagai masa kanak-kanak akhir yang berlangsung dari usia enam tahun hingga kira-kira sebelas tahun atau dua belas tahun. Karakteristik utama siswa sekolah dasar adalah mereka menampilkan perbedaan-perbedaan individual dalam banyak segi dan bidang, diantaranya perbedaan dalam intelegensi, kemampuan dalam kognitif dan bahasa, perkembangan kepribadian dan perkembangan fisik anak.
Pada usia sekolah dasar, anak juga tertarik terhadap pencapaian hasil belajar. Mereka mengembangkan rasa percaya dirinya terhadap kemampuan dan pencapaian yang baik dan relevan. Meskipun anak-anak membutuhkan keseimbangan antara perasaan dan kemampuan dengan kenyataan yang dapat mereka raih, namun perasaan akan kegagalan atau ketidakcakapan dapat memaksa mereka berperasaan negatif terhadap dirinya sendiri sehingga menghambat mereka dalam belajar.
Piaget (Santrock, 2007) mengidentifikasikan tahapan perkembangan intelektual yang dilalui anak yaitu: (a) tahap sensorik motor usia 0-2 tahun, (b) tahap operasional usia 2-6 tahun, (c) tahap operasional kongkrit usia 7-12 tahun, (d) tahap operasional formal usia 12 tahun ke atas. Berdasarkan uraian diatas, siswa sekolah dasae berada pada tahap operasional kongkrit. Pada tahap ini anak mengembangkan pemikiran logis, masih sangat terikat pada fakta-fakta perseptual, artinya anak mampu berpikir logis tetapi masih terbatas pada objekobjek kongkrit dan mampu melakukan konservasi. Bertitik tolak pada perkembangan intelektual dan psikososial siswa sekolah dasar, hal ini menunjukkan bahwa mereka mempunyai karakteristik sendiri dimana dalam proses berpikirnya mereka belum dapat dipisahkan dari dunia konkret atau hal-hal yang faktual. Dan sedangkan untuk perkembangan psikososial anak usia sekolah dasar masih berpijak pada prinsip yang sama dimana mereka tidak dapat dipisahkan dari hal-hal yang dapat diamati (Santrock, 2007).
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa karakteristik siswa SD kelas IV (usia 10-13 tahun) anak sedang memasuki fase perkembangan yang dinamakan fase operasional konkret yaitu kemampuan berpikir logis meningkat namun pikiran anak terbatas pada objek-objek yang mereka jumpai dari pengalaman langsung. Untuk membantu pemahaman akan sesuatu maka diperlukan sebuah media dan dalam dunia pendidikan dikenal dengan media pembelajaran untuk membantu pemahaman siswa akan materi yang akan disampaikan.
Pembahasan lainnya :
-
- Karakteristik Media Gambar
- Prinsip-Prinsip dalam Belajar
- Karakteristik Siswa Kelas 4 SD
- Pengertian Media Visual Gambar
- Unsur dan Prinsip Desain Busana
- Jenis-Jenis Karangan dan Contohnya
- Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
- Pengertian Seni Kaligrafi dalam Islam
- Ciri-Ciri Kreativitas Menurut Para Ahli
- Kelebihan dan Kekurangan Media Visual
- Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli
- Manfaat dan Efek Bahaya Sinar Matahari
- Langkah Langkah Membuat Desain Busana
- Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli
- Pengertian Media Visual Menurut Para Ahli
- Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli
- Definisi Teknologi Pendidikan Menurut AECT
- Teori Perkembangan Bahasa Menurut Vygotsky
- Pengertian Karangan Narasi Menurut Para Ahli
- Kelebihan dan Kekurangan Media Visual Gambar
- Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli
- Pemanfaatan Media Gambar dalam Pembelajaran
- Klasifikasi Hasil Belajar Menurut Benyamin Bloom
- Tujuan Pembelajaran IPA di SD Menurut Kurikulum
- Pengertian Keterampilan Menulis Menurut Para Ahli
- Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Siswa
- Penggolongan Busana Pesta Menurut Enny Zuhni Khayati