Event harus memiliki beberapa karakteristik tertentu, agar event yang terselenggara berbeda dengan event lainnya dan pesan bisa sampai dengan baik kepada konsumen.
Karakteristik Event Menurut Noor
- Keunikan
Kunci utama suksesnya sebuah event adalah pengembangan ide kreatif. Event organizer dapat merealisasikan ide sesuai dengan harapan penyelenggara, maka event yang diselenggarakan akan memiliki keunikan tersendiri. Inti dari penyelenggaraan event adalah harus unik dan biasanya muncul dari ide kreatif yang berbeda dari event lainnya. - Perishability
Perishability berhubungan dengan penggunaan fasilitas untuk penyelenggaraan event. Kesediaan tempat untuk mengadakan event, bagaimana sebuah event disesuaikan tempat penyelenggaraannya dengan tema besar agar mendapatkan event yang sesuai permintaan penyelanggara, karena event yang diselenggarakan tidak akan pernah sama jika dibuat lagi atau dengan kata lain sesuatu yang tidak dapat dikembalikan. - Intangibility
Setelah menghadiri sebuah event yang tertinggal di benak pengunjung adalah pengalaman yang mereka dapatkan dari penyelenggaraan event. - Suasana dan Pelayanan
Suasana merupakan salah satu karakteristik yang penting pada saat berlangsungnya event. Event yang diselenggarakan dengan suasana tepat akan menghasikan sukses besar, tetapi sebaliknya kegagalan event dihasilkan oleh suasana yang tidak tepat. - Interaksi personal
Interaksi personal dari pengunjung merupakan kunci sukses penyelenggaraan event.
Karakteristik–karakeristik event diatas sebaiknya diperhatikan oleh penyelenggara event, agar event yang direncanakan sesuai dengan tujuan dan juga selain memperhatikan karakteristik event. Dalam event tentunya yang paling diperhatikan adalah komunikasi dengan konsumennya serta informasi yang disampaikan oleh pemasar. Komunikasi serta informasi yang baik akan menghasilkan hubungan dengan konsumen juga baik. Tentu dalam penyampaian informasi harus sesuai dengan strategi promosi Rasulullah SAW transparan dan komunikatif (tablig).
Orang yang memilki sifat tabligh, akan menyampaikannya dengan benar (berbobot) dan dengan tutur kata yang tepat (bi alhikmah) bersikap melayani dan rendah hanti. Para pelaku pemasaran harus mampu menyampaikan keungggulan-keunggulan produknya dengan jujur dan tidak harus berbohong dan menipu pelanggan Pelaku pemasaran harus menjadi komunikator yang baik, yang bisa bicara benar dan bi al-hikmah (bijaksana dan tepat dan sasaran) kepada mitra bisnisnya.
Pembahasan terkait lainnya :
- Jenis Jenis Iklan di Koran
- Tujuan Pemberian Diskon
- Pengertian dari Biro Iklan
- Variabel Bauran Pemasaran
- Tujuan Pemasaran Langsung
- 4P Dalam Bauran Pemasaran
- Pengertian Penjualan Pribadi
- Tujuan Promosi Menurut Ahli
- Pengertian Event Menurut Ahli
- Manfaat Pemasaran Langsung
- Bentuk-Bentuk Bauran Promosi
- Karakteristik Iklan Media Cetak
- Pengertian Diskon Menurut Ahli
- Proses Kegiatan Personal Selling
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- Strategi Perencanaan Periklanan
- Pengertian Pemasaran Langsung
- Promotion Mix Menurut Para Ahli
- Karakteristik Event Menurut Noor
- Strategi Promosi Dalam Pemasaran
- Contoh Media Pemasaran Langsung
- Pengertian Periklanan Menurut Ahli
- Bentuk Bentuk Pemasaran Langsung
- Tujuan Periklanan Menurut Para Ahli
- Periklanan Sebagai Proses Komunikasi
- Tahapan Proses Manajemen Periklanan
- Kelebihan Koran dan Kekurangan Koran
- Pengertian Sales Promotion Menurut Ahli
- Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli
- Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Faktor Faktor Pemilihan Media Periklanan
- Fungsi-Fungsi Periklanan Beserta Contohnya
- Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Penjualan