Kajian Pustaka Tentang Pembelajaran IPA di SD

Kajian Pustaka Tentang Pembelajaran IPA di SD

IPA di Sekolah Dasar

stilah Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA dikenal juga dengan istilah sains. Kata sains ini berasal dari bahas latin yaitu scientia yang berarti “saya tahu”. Dalam bahasa inggris kata sains berasal dari kata science yang berarti pengetahuan. Dalam kamus Fowler natural science didefinisikan sebagai systematic and based mainly on observation and induction yang diartikan bahwa “ilmu pengetahuan alam didefinisikan sebagai pengetahuan yang sistematis dan disusun dengan menghubungkan gejala-gejala alam yang bersifat kebenda dan didasarkan pada hasil pengamatan dan induks” dalam Julianto (2011:1).

Kajian Tentang IPA Menurut Ahli :

  1. Menurut Carin and sund dalam Trianto (2007: 100) IPA adalah Ilmu pengetahuan tentang alam yang sistematis dan disusun secara teratur atau ilmu yangmempelajari tentang peristiwa-peristiwa alam yang diperoleh dengan mengumpulkan data melalui eksperimen, pengamatan, observasi dan menggunakan proses aktif pikiran manusia dalam mempelajari gejala-gejala alam yang melahirkan penemuan-penemuan baru.
    Ilmu Pengetahuan Alam berkaitan dengan cara  mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan berupa faktor-faktor, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan.
  2. Pendidikan IPA diarahkan untuk menemukan sendiri (inquiri) dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar Sulistyorini (2007: 39).
  3. IPA untuk anak Sekolah Dasar, Paolo dan Marten dalam Usman Samatowa (2011:5) mendefinisikannya sebagai berikut: mengamati apa yang terjadi, mencoba apa yang diamati, mempergunakan pengetahuan baru untuk meramalkan apa yang akan terjadi, menguji bahwa ramalan-ramalan itu benar.
    Paolo dan Merten menegaskan bahwa dalam IPA juga mencakup kegiatan mencoba dan melakukan kesalahan, gagal dan mencoba lagi. Dalam IPA guru dan peserta didik harus bersifat skeptis dan selalu siap memodifikasi model-model yang ada tentang alam ini sejalan dengan penemuan-penemuan yang didapatkan.

 

Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan amal sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya didalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetesi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah.

Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Ilmu Pengetahuan Alam adalah suatu pengetahuan yang diperoleh melalui suatu rangkaian kegiatan yang sistematis yaitu eksperiment, pengamatan, dan pengumpulan data untuk mendapatkan suatu penjelasan tentang sebuah gejala yang dapat dipercaya.

 



 

Baca juga Langkah Project Based Learning

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Pendidikan