Personal selling (penjualan personal) adalah presentasi pribadi oleh wiraniaga perusahaan untuk tujuan menghasilkan penjualan dan membangun hubungan pelanggan (Kotler & Keller, 2016). Penjualan personal menggunakan komunikasi person to person, biasanya dilaksanakan oleh sales di bawah naungan manajer penjualan yang mempromosikan produk secara langsung pada pasar sasaran.
Personal selling melibatkan interaksi secara langsung antara penjual dengan pembeli potensial. Personal selling merupakan alat yang paling efektif terutama dalam membangun preferensi, keyakinan, dan tindakan pembeli. Alasannya adalah karena penjualan pribadi, jika dibandingkan dengan periklanan, memiliki beberapa manfaat tersendiri yaitu pertama, personal selling mencakup hubungan yang hidup, langsung dan interaktif antara dua orang atau lebih. Kedua, personal selling memungkinkan timbulnya berbagi jenis hubungan mulai dari hubungan penjualan sampai ke hubungan persahabatan. Menurut Kotler & Keller (2016), proses personal selling yang efektif dapat dikelompokkan menjadi beberapa tahap yaitu :
Proses Personal Selling
-
Prospecting and qualifying
Langkah pertama dalam melakukan penjualan adalah mengidentifikasi dan mengkualifikasi prospek yang akan di temui. Dapat dilakukan dengan cara mencari informasi-informasi yang berkaitan dengan prospek.
-
Pre-approach
Pada tahap ini, penjual perlu untuk mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan prospek seperti apa saja yang dibutuhkan, siapa saja yang terlibat dalam keputusan pembelian. Setelah mengetahui hal-hal tersebut penjual melakukan pendekatan yang dimulai dengan mengirimkan email atau menelepon agar pembeli bersedia untuk diprospek.
-
Approach
Penjual yang telah melakukan tahap pre-approach akan bertemu secara langsung dengan pembeli guna membicarakan tentang prospek. Dalam tahap ini, ada beberapa tahap yang perlu dipertimbangan agar kesan pertama yang didapatkan bagus seperti gaya bicara dan penampilan.
-
Presentation and demonstration
Pada tahap ini, seorang sales mempresentasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan produk yang ditawarkan. Disini, penjual dapat menggunakan formula AIDA (attention, interest, desire dan action).
-
Handling objection
Pada tahapan ini, pembeli akan mengutarakan beberapa keberatan mengenai apa yang dipresentasikan oleh tenaga penjual seperti jadwal pengiriman, harga terlalu mahal, kualitas produk. Seorang salesperson harus dapat mengklarifikasi segala sesuatu keberatan dari pembeli.
-
Closing
Tahap ini merupakan tahap dimana pembeli membuat keputusan akan melakukan transaksi atau tidak. Jika handling objection dapat ditangani dengan baik, kemungkinan pembeli melakukan transaksi sangat besar.
-
Follow up
Follow up diperlukan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Penjual dapat sekedar menelepon pembeli untuk menanyakan apakah adanya masalah yang tidak diinginkan. Tahap ini penting dilakukan karena hubungan pembeli dan penjual tetap terjalin dengan baik sehingga besar kemungkinan pembeli akan kembali melakukan pembelian.
Telah diketahui bahawa face to face selling merupakan salah satu aspek dalam personal selling. Berikut ini akan dibahas secara lebih mendalam tentang proses personal selling. Adapun teknik yang terdapat pada proses personal selling menurut Kotler dan Amstrong.
Proses Kegiatan Personal Selling
-
Pendekatan
Yaitu proses personal selling dimana wiraniaga bertemu dan menyapa pembeli untuk memulai suatu awal yang baik. Jadi penting bagi seorang tenaga penjual untuk memberikan kesan pertama yang baik kepada calon konsumen.
-
Presentasi
Yaitu proses personal selling dimana wiraniaga menceritakan riwayat produk kepada pembeli, menunjukkan bagaimana produk akan menghasilkan atau menghemat uang bagi pembeli. Wiraniaga menguraikan fitur-fitur produk bagi pelanggan. Menggunakan pendekatan kepuasan kebutuhan, wiraniaga mulai dengan pencarian kebutuhan pelangganbanyak berbicara. Untuk itu wiraniaga harus mempunyai kemampuan mendengarkan dan memecahkan masalah dengan baik.
-
Mengatasi
Keberatan Yaitu proses personal selling dimana wiraniaga menyelidiki, mengklarifikasi dan mengatasi keberatan pelanggan untuk membeli. Selama presentasi, pelanggan hampir selalu mempunyai keberatan. Demikian juga sewaktu mereka diminta untuk menuliskan pesanan. Masalahnya bisa logis, bisa juga psikologis, dan keberatan saling tidak diungkapkan keluar. Dalam mengatasi keberatan, wiraniaga harus menggunakan pendekatan positif, menggali keberatan yang tersembunyi, meminta pembeli untuk menjelaskankeberatan, menggunakan keberatan sebagai peluang untuk memberikan informasi lebih banyak, dan mengubah keberatan menjadi alasan membeli. Setiap wiraniaga membutuhkan pelatihan dalam hal-hal ketrampilan mengatasi keberatan.
-
Menutup Penjualan
Yaitu proses personal selling dimana wiraniaga menanyakan apa yang hendak dipesan oleh pelanggan. Setelah mengatasi keberatan prospek, sekarang wiraniaga dapat mencoba menutup penjualan. Wiraniaga harus mengetahui tanda-tanda penutupan dari pembeli termasuk gerakan fisik, komentar dan pertanyaan. Sebagai contoh, pelanggan mungkin duduk condong ke depan dan mengangguk menyetujui atau menanyakan harga dan syarat pembayaran kredit.
Pembahasan terkait lainnya :
- Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen
- Hubungan Antara Citra Merek dengan Keputusan Pembelian
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Komponen Komponen Citra Merek Menurut Para Ahli
- Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen
- Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Bauran Promosi
- Pengertian Pemasaran Langsung Menurut Para Ahli
- Pengertian Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli
- Tahapan Proses Keputusan Pembelian Konsumen
- Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
- Pengertian Merek Menurut UU dan Para Ahli
- Faktor Yang Mempengaruhi Bauran Promosi
- Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
- Dimensi Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Konsep Konsep Pemasaran dan Contohnya
- Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
- Pengertian Bauran Promosi Menurut Ahli
- Indikator Direct Marketing Menurut Ahli
- Metode Penetapan Harga Berbasis Laba
- Pengertian Promosi Menurut Para Ahli
- Tujuan Penetapan Harga Menurut Ahli
- Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli
- Below The Line Promotion Marketing
- Contoh Media Pemasaran Langsung
- Tujuan Kegiatan Promosi Penjualan
- Fungsi Promosi Menurut Para Ahli
- Dimensi Citra Merek Menurut Ahli
- 4 Karakteristik Syariah Marketing
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- Proses Kegiatan Personal Selling
- Prinsip Pemasaran dalam Islam
- Manfaat Pemasaran Langsung
- Kelebihan Penjualan Personal
- Syarat-Syarat Memilih Merek
- Pengertian Penjualan Pribadi
- Tujuan Pemasaran Langsung
- 3 Strategi Citra Merek
- Jenis Jenis Iklan di Koran
- Pengertian dari Biro Iklan
- Variabel Bauran Pemasaran
- Tujuan Pemasaran Langsung
- Pengertian Penjualan Pribadi
- Tujuan Promosi Menurut Ahli
- Manfaat Pemasaran Langsung
- Bentuk-Bentuk Bauran Promosi
- Proses Kegiatan Personal Selling
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- Pengertian Pemasaran Langsung
- Promotion Mix Menurut Para Ahli
- Contoh Media Pemasaran Langsung
- Pengertian Periklanan Menurut Ahli
- Bentuk Bentuk Pemasaran Langsung
- Tujuan Periklanan Menurut Para Ahli
- Periklanan Sebagai Proses Komunikasi
- Kelebihan Koran dan Kekurangan Koran
- Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli
- Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Faktor Faktor Pemilihan Media Periklanan
- Fungsi-Fungsi Periklanan Beserta Contohnya
- Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Penjualan