Menurut Kotler & Armstrong (2006, p10), konsep pemasaran (marketing concept) merupakan falsafah manajemen yang menyatakan bahwa untuk mencapai tujuan organisasi tergantung pada penentuan dan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran (target market) dan memuaskan pelanggan secara lebih efektif dan efisien daripada yang dilakukan pesaing. Menurut Swastha dalam Hartono (2012:885), terdapat 2 elemen pokok yang menyusun konsep pemasaran, dua elemen pokok penyusun konsep pemasaran yaitu :
Jelaskan Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
- Volume Penjualan yang Menguntungkan
Salah satu ujuan utama perusahaan adalah untuk mendapatkan laba atau profit. Dengan adanya laba tersebut dapat meningkatkan dan mengembangkan perusahaan, serta dapat memperkuat kondisi perekonomian secara keseluruhan. Adapun cara yang dapat dilakukan perusahaan antara lain, memberikan kenyamanan dan ketentraman kepada karyawannya dan memberikan perlindungan. Hal ini dilakukan agar atasan dan karyawan dapat berhubungan dengan baik dan bekerja sama untuk meningkatkan laba perusahaan. - Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran
Suatu perusahaan harus mampu memberika kepuasan terhadap konsumennya. Perusahaan juga harus mampu mengetahui apa yang diperlukan oleh konsumen. Perusahaan juga harus menghindari masalah yang akan ditimbulkan, tentunya harus ada orang yang bertanggung jawab dalam hal ini yaitu seorang manager.
Konsep pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam meningkatkan laba dan koordinasi dan integrasi dalam perusahaan. Perusahaan harus mampu mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen dan tidak bertentangan dengan apa yang dibutuhkan oleh pasar. Hal ini dapat diatasi oleh orang yang bertanggung jawab seperti manager agar dapat memberikan kepuasan bagi konsumen serta dapat meningkatkan laba atau profit bagi perusahaan apabila perusahaan mampu memberikan apa yang dibutuhkan oleh konsumen.
Pembahasan terkait :
- Fungsi Pemasaran
- 4 Variabel Marketing Mix
- Kendala Pemasaran Online
- Sumber Informasi Konsumen
- Cara Kerja Pemasaran Online
- Komponen Pemasaran Online
- Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
- Komponen Strategi Pemasaran
- Keuntungan Pemasaran Online
- Kekurangan Pemasaran Online
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- 7P Menurut Kotler dan Amstrong
- 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
- Fungsi Marketing Public Relations
- Strategi Marketing Public Relations
- Model Analisis SWOT dan Contohnya
- Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Marketing Public Relations
- Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Indikator Pemasaran Online Menurut Ahli
- Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
- Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
- Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
- Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
- Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
- Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
- Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
- Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
- Macam-Macam Media Promosi Pemasaran Produk
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Strategi Pemasaran
- Manfaat Pemasaran Online bagi Konsumen dan Perusahaan
- Tahap Tahap dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen